kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Data Nasabah Bank Tabungan Negara (BBTN) Diduga Bocor, Manajemen Buka Suara


Selasa, 02 Juli 2024 / 17:14 WIB
Data Nasabah Bank Tabungan Negara (BBTN) Diduga Bocor, Manajemen Buka Suara
Tangkapan layar situs BreachForums yang mengumumkan data BTN bocor.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dugaan kebocoran data pribadi kembali terjadi. Terbaru, situs breachforum memposting penjualan data 370.000 nasabah dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Dalam postingan tersebut, dijelaskan bahwa NexusxHaxor berhasil menembus sistem BTN dan mengungkap kelalaian besar terhadap kebijakan keamanan data bank tersebut. Data yang meliputi nama, nomor rekening, no KTP, hingga tanggal lahir pun dijual dengan harga US$ 1000. 

“Tindakan kami telah mengungkap kerentanan kritis yang membahayakan jutaan informasi pribadi warga Indonesia,” tulis postingan tersebut.

Baca Juga: BTN Dikabarkan Batal Akuisisi Muamalat, Simak Penjelasannya!

Menanggapi kabar tersebut, Corporate Secretary BTN, Ramon Armando, menegaskan bahwa tidak ada kebocoran data nasabah sama sekali. Ia bilang saat ini data nasabah aman dan dilindungi dengan sistem IT yang terproteksi secara terintegrasi.

“Terkait postingan di salah satu situs, berdasarkan investigasi yang telah dilakukan, kami bisa pastikan data tersebut tidak benar. Saat ini situs tersebut sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika,” ujarnya.

 

Meski demikian, ia bilang BTN akan tetap melakukan langkah-langkah preventif penguatan sistem keamanan teknologi informasi terhadap potensi gangguan data dengan peningkatan proteksi dan ketahanan sistem.

Baca Juga: Beredar Kabar Batal Akuisisi Muamalat, Wakil Rakyat Apresiasi Kehati-hatian BTN

Ia bilang BTN akan berkomitmen untuk terus melakukan perlindungan data nasabah dengan aman dan baik. “Ini sesuai peraturan yang berlaku dan selalu diawasi oleh OJK dan Bank Indonesia,” tandasnya.

Selanjutnya: Pemerintah Percepat Konversi Motor Listrik Demi Reduksi Emisi

Menarik Dibaca: 5 Aroma Vagina yang Paling Umum dan Penyebabnya, Moms Harus Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×