kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS944.000 2,83%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

DBS dikabarkan akuisisi 38,82% saham ANZ di Bank Panin (PNBN) senilai Rp 9,4 triliun


Senin, 14 Oktober 2019 / 16:10 WIB
DBS dikabarkan akuisisi 38,82% saham ANZ di Bank Panin (PNBN) senilai Rp 9,4 triliun
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas dekat Bank Panin di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/13/08/20

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Tak hanya dikabarkan akan akuisisi PT Bank Permata Tbk (BNLI, anggota indeks Kompas100), berhembus rumor baru bahwa DBS akan akuisisi saham PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN, anggota indeks Kompas100) yang dimiliki Australian & Selandia Baru (ANZ) Bangking Group Ltd.

Kabar yang sampai ke Kontan.co.id menyebut,  DBS Group Holdings Ltd  saat ini tengah dalam pembicaraan akuisisi saham Bank Panin.


Sumber yang mengetahui  rencana akuisisi itu menyebutkan,  setelah membeli saham ANZ, DBS juga akan mengakuisisi 46,04% saham PNBN yang dimiliki keluarga Mu'min Ali Gunawan. Adapun untuk akuisisi 38,8% saham,  menurut sumber yang sama, DBS harus merogoh kocek sebesar Rp 9,4  triliun.  

DBS Bank Ltd belakangan gencar melakukan akuisisi di banyak pasar keuangan dunia,  antara lain di Singapura, Hong Kong, Cina Daratan, Taiwan, dan Indonesia. Berdasarkan pengalaman tersebut, "Langkah akuisisi akan lebih mudah bagi DBS Bank Ltd. untuk melakukan akuisisi serupa ke PT Bank Pan Indonesia,” ujar sumber tersebut.

Baca Juga: Tanggapi rumor Bank DBS akan beli saham Bank Permata, begini komentar manajamen

Australia & Selandia Baru (ANZ) Banking Group Ltd berkali-kali dikabarkan menghidupkan rencana untuk menjual sahamnya di PT Bank Pan Indonesia Tbk.  Bahkan, baru-baru ini, mereka dikabarkan telah menunjuk Morgan Stanley untuk membantu uji tuntas dalam rencana pelepasan saham tersebut.

Dihubungi KONTAN secara tertulis, Executive Director, Head of Group Strategic Marketing & Communicaton PT Bank DBS Indonesia Mona Monika menyebut: “Informasi tersebut tidak benar.” Adapun  Presiden Direktur PT Bank Pan Indonesia Tbk  Herwidayatmo kepada kontan.co.id mengatakan baru saja mengetahui rencana tersebut dari media. “Saya baru tahu dari media,” ujarnya dalam pesan singkat kepada kontan.co.id . (14/10).

Sampai penutupan pasar sahamSenin (14/10), saham PNBN ditutup menguat 1,20% menjadi Rp 1.270 per saham.  

Baca Juga: Valuasi Bank Permata diprediksi US$ 2,3 miliar, Bank DBS tertarik akuisisi

 




TERBARU

Close [X]
×