kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DepositoBPR by Komunal Resmi Meluncurkan Fitur E-Deposito


Selasa, 16 Agustus 2022 / 12:20 WIB
DepositoBPR by Komunal Resmi Meluncurkan Fitur E-Deposito
ILUSTRASI. Deposito.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. DepositoBPR by Komunal, Platform funding agent pertama yang menghubungkan masyarakat dengan berbagai mitra Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di seluruh Indonesia secara resmi meluncurkan fitur terbarunya, yaitu E-Deposito di platform DepositoBPR by Komunal.

Melalui fitur E-Deposito, nasabah akan menerima advis elektronik, sehingga mengeliminasi kebutuhan akan bilyet fisik. Fitur ini menjawab pesatnya kebutuhan nasabah dan BPR dalam proses pembukaan deposito.

Direktur Utama PT Komunal Sejahtera Indonesia (DepositoBPR by Komunal), Kendrick Winoto menyampaikan, platform DepositoBPR diluncurkan oleh Komunal untuk membantu BPR go-digital dan lebih mudah terhubung dengan para nasabah. Komunal terus berkomitmen untuk mengembangkan inovasi berkelanjutan dan meningkatkan kualitas platform demi kenyamanan dan keamanan para pengguna.

Hingga Juli 2022, DepositoBPR by Komunal telah berhasil memproses penempatan deposito dari masyarakat ke lebih dari 160 mitra BPR Komunal yang tersebar di seluruh Indonesia hingga lebih dari Rp 1 triliun sejak diluncurkan.

Baca Juga: Solusi Menyeluruh Layanan Perbankan Digital Bantu Jaga Likuiditas Rumah Sakit

"Pertumbuhan ini mencakup peningkatan nilai transaksi, basis nasabah yang semakin besar, serta penguatan dan perluasan ekosistem pelayanan DepositoBPR by Komunal. Pertumbuhan Deposito BPR menunjukkan besarnya potensi pasar dalam menggerakkan perekonomian Indonesia," kata Kendrick dalam siaran pers, Selasa (16/8).

Kendrick menjelaskan, pada umumnya, para nasabah akan menerima bilyet fisik selama kurun waktu 3-5 hari setelah membuka deposito di BPR. Bilyet fisik memiliki berbagai kekurangan, antara lain, rentan terselip, rusak kondisinya jika tidak disimpan dengan baik, dan juga ribet karena harus dikirim kembali ke BPR penerbit. 

Dengan fitur E-Deposito, para nasabah akan mendapatkan advis elektronik (Surat elektronik bukti penempatan deposito). Terlebih, nasabah dapat langsung menerima advis elektronik setelah proses pengajuan E-Deposito.

"Fitur E-Deposito tentunya bertujuan untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital. Kami percaya fitur baru ini dapat mempermudah para nasabah dan BPR, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat diberdayakan secara finansial. Kami percaya hadirnya fitur E-Deposito ini akan mempercepat dan mempermudah proses pendanaan dan pencairan deposito. Nasabah juga tidak perlu khawatir akan bilyet deposito yang berpotensi hilang atau rusak,” tambahnya.

Fitur tersebut juga digunakan untuk memfasilitasi BPR dalam penyediaan layanan E-Deposito melalui platform DepositoBPR Komunal. Selain prosesnya praktis, BPR tidak perlu melakukan upaya pengiriman bilyet fisik kepada dan dari nasabah, serta tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli materai.

“Dengan fitur E-Deposito tentunya dapat memangkas biaya operasional, seperti biaya cetak dan kirim bilyet, sehingga produk deposito juga menjadi lebih inklusif dan pada akhirnya nominal minimum deposito bisa diturunkan,” lanjut Kendrick.

Direktur Utama BPR Prima Dadi Arta, Andreas Liando mengatakan, dengan adanya fitur E-Deposito ini, tentunya sangat membantu BPR, karena prosesnya yang mudah.

Baca Juga: SBN Masih Jadi Tempat Favorit Industri Dapen Memupuk Dana

"Kami juga merasa bangga dapat menjadi salah satu BPR pertama di Pare Kediri yang memperkenalkan deposito digital (tanpa bilyet fisik), sehingga memberikan position yang unik di pasar,” ujarnya.

Prima menyebut, E-Deposito telah menjadi tren produk investasi aman dan terjamin yang dipercaya menjadi produk yang sesuai bagi para kaum Gen-Z atau millennial di era serba digital.

Para nasabah juga dapat memulai investasi E-Deposito mulai dari Rp 300 ribu, menawarkan imbal hasil yang cukup tinggi untuk kategori investasi aman dengan dana yang cukup minimal. Pembukaan deposito di mitra BPR melalui platform DepositoBPR by Komunal dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga 2M.

"Fitur E-Deposito telah tersedia pada beberapa BPR melalui platform DepositoBPR by Komunal. Ke depannya, fitur E-Deposito ini akan terus disosialisasikan kepada seluruh BPR yang bekerja sama dengan platform DepositoBPR by Komunal. Terlepas dari fitur E-Deposito, para nasabah tetap dapat mengajukan deposito dengan bilyet fisik guna menyesuaikan preferensi dari para nasabah," tandas Prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×