kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dirut BTN: Proyek Infrastruktur Perlu Dimonetisasi Lewat Perumahan


Jumat, 01 September 2023 / 11:53 WIB
 Dirut BTN: Proyek Infrastruktur Perlu Dimonetisasi Lewat Perumahan
ILUSTRASI. Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu saat meresmikan Sales Center KPR BTN Jakarta di Kantor Cabang BTN Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (16/6/2023).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Nixon LP Napitupulu menyarankan agar pembangunan infrastruktur yang masif dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dimonetisasi dengan pembangunan proyek perumahan.

Dia memperkirakan bahwa Indonesia akan mengalami booming infrastruktur dalam 90 tahun lagi sejalan dengan maraknya pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah saat ini seperti jalan tol, pelabuhan, jalan raya, dan lain-lain.

Sehingga, saat yang perlu mulai dipikirkan adalah bagaimana agar infrastruktur yang dibangun itu bisa menciptakan pendapatan bagi negara dengan melakukan monetisasi. 

Menurut Nixon, untuk bisa memonetisasi pembangunan infrastruktur supaya menghasilkan income untuk negara, solusinya adalah memperbanyak pembangunan perumahan di sekitar proyek infrastruktur yang sudah terbangun.

"Kalau menurut saya, salah satu yang bisa mengembalikan income itu adalah rumah. Simpelnya, setiap ujung jalan tol buka jalan kalau ada kawasan perumahan. Dia itu akan membuat jalan tol itu trafiknya naik," kata dia dalam keterangannya, Jumat (1/9).

Baca Juga: Bantu MBR Punya Rumah, Kemenkeu Alokasikan Rp 108,5 Triliun dari APBN

Ia mencontohkan, pengembangan perkantoran dan perumahan di setiap ujung jalan tol TB Simatupang mampu menciptakan trafik ekonomi dan menghasilkan pendapatan bagi negara.

Nixon menegaskan, perumahan adalah salah satu solusi untuk memonetisasi infrastruktur-infrastruktur yang banyak dibangun di era pemerintahan Presiden Jokowi.

"Jadi saya bilang bahwa Pak Jokowi sudah berjasa membangun infrastruktur, tapi next kita harus memikirkan bagaimana infrastruktur ini bisa menimbulkan kenaikan income bagi negara. Salah satu nya adalah lewat pemukiman dan perumahan. Kalau tidak, sayang ada jalan tol tidak  ada pemukiman. Rumah is the one solution untuk memonetisasi pembangunan infrastuktur," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×