kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Dorong jumlah aktuaris, Dewan Asuransi ASEAN bahas kerangka referensi kualifikasi


Senin, 22 Juli 2019 / 19:31 WIB

Dorong jumlah aktuaris, Dewan Asuransi ASEAN bahas kerangka referensi kualifikasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan asuransi dari lima negara ASEAN berkumpul membahas mengenai isu ASEAN qualification reference framework (kerangka referensi kualifikasi). Salah satu tujuannya untuk meningkatkan talenta asuransi di kawasan terutama aktuaris asuransi.

Kelima negara ini ialah Indonesia, Malaysia, Pilipina, Singapura, dan Thailand. Sedangkan lima ASEAN lainnya tidak dilibatkan lantaran pasar industri asuransinya masih rendah.


Direktur Eksekutif Asean Insurance Council (AIC) Bern Yulianto menyatakan saat ini penetrasi asuransi di kawasan ASEAN masih rendah lantaran keterbatasan sumber daya manusia dalam memenuhi kebutuhan industri asuransi.

“Adapun output dari kegiatan ini guna mengembangkan pendidikan di sektor asuransi yang nantinya akan disampaikan kepada regulator asuransi di tingkat ASEAN. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang,” ujar Bern di Jakarta, Senin (22/7).

Bern menyatakan saat ini negara yang menjadi anggota ASEAN baru saja terintegrasi. Guna mengharmonisasi integrasi ini, AIC menilai langkah awal yang bisa ditempuh adalah sektor pendidikan.

“Secara regional kita punya tujuan agar memiliki referensi SDM asuransi yang sama di setiap negara. Salah satu pilar integrasi di ASEAN itu ada free flow of talent and investment. Nah tidak menutup kemungkinan perpindahan talent dari satu negara ke negara lain,” jelas Bern.

Oleh sebab itu, maka dibutuhkan satu referensi yang sama, nantinya diharapkan ada satu standardisasi. Namun pada tahap awal ini, Bern mengaku belum akan membahas standardisasi, baru referensi saja.

Bern menyebut talenta yang dibutuhkan di Indonesia adalah aktuaris. Ia mengaku di kawasan ASEAN, Singapura dan Malaysia memiliki aktuaris yang memadai. 

Guna memacu jumlah aktuaris di kawasan ASEAN khususnya di Indonesia, Bern menyebut AIC memiliki tiga program yakni ASEAN Young Insurance Manager, Young Assurance Manager Award, dan Micro Insurance Seminar.


Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0326 || diagnostic_web = 0.1713

Close [X]
×