kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Pembiyaan Hijau, BCA Tawarkan Bunga Menarik Kendaraan Listrik


Minggu, 26 Februari 2023 / 13:54 WIB
Dorong Pembiyaan Hijau, BCA Tawarkan Bunga Menarik Kendaraan Listrik
ILUSTRASI. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong pembiayaan hijau (green financing)./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/07/2021.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong pembiayaan hijau (green financing), khususnya bagi kendaraan listrik (electric vehicle). Perseroan percaya bahwa industri jasa keuangan memiliki peran strategis terkait hal ini.

Direktur BCA Finance Petrus Santoso Karim mengatakan sepanjang tahun 2022 pihaknya mencatatkan  sektor transportasi berkelanjutan tumbuh sebesar 16% year on year (YoY) serta menjadi satu dari tiga sektor dengan pertumbuhan tertinggi.

“Kehadiran program ini juga sejalan dengan insentif dan kemudahan yang dihadirkan oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mempercepat penggunaan kendaraan bermotor listrik  di tengah masyarakat,” ujarnya lewat rilis resmi yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (25/2).

Baca Juga: BCA Expoversary 2023 Tawarkan Bunga KPR Mulai 2,66%,Dukung Semua Generasi Punya Rumah

Petrus mengungkapkan, seiring kontribusi BCA dalam pembiayaan kegiatan usaha berkelanjutan yang semakin meningkat, diversifikasi portofolio pembiayaan menjadi salah satu prioritas kunci BCA pada tahun 2023.

“Di tengah minat masyarakat yang meningkat terhadap produk ramah lingkungan, industri jasa keuangan mempunyai peran strategis dalam pembiayaan program kendaraan listrik,” ungkapnya.

Menurut Petrus, dukungan pembiayaan memegang peranan penting bagi pengembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air, sejalan dengan program pemerintah untuk menurunkan pengurangan emisi GRK di Indonesia.

“Sesuai dengan imbauan pemerintah mengenai renewable energy. Cita-cita ke depan berperan di sana dengan memiliki pabrik baterai. Saya pikir ini suatu kesempatan untuk kita di pembiayaan harus seperti apa dan apakah ada peluang di sana,” imbuh Petrus.

Lebih lanjut Petrus menambahkan, pihaknya menawarkan skema bunga kredit kendaraan bermotor. Untuk mobil misalnya, BCA  menawarkan suku bunga spesial 2,66% flat p.a untuk tenor 3 tahun. Begitu pula dengan penawaran kredit sepeda motor dengan bunga hingga 5,66%.

Baca Juga: Keran Kredit Pembangkit Listrik Batubara Dibuka

“BCA Finance siap menyalurkan pembiayaan untuk segmen kendaraan listrik seiring fokus BCA untuk mendukung kegiatan transportasi ramah lingkungan,” tandasnya.

Beberapa merek mobil dan motor yang bisa menggunakan pembiayaan dari BCA Finance di antaranya yakni Wuling, Hyundai, Volvo, Citroen, Polytron, Selis, Smooth dan masih banyak lainnya yang dapat ditemui pada BCA Expoversary pada 23 - 26 Februari 2023 di ICE, BSD, Tangerang.

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2022, BCA mencatat telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan sesuai Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KKUB) dalam POJK 51/2017 sebesar Rp 183,2 triliun. Penyaluran kredit sektor berkelanjutan ini meningkat 14,9% secara YoY dan berkontribusi hingga 25,4% dari total kredit yang berhasil disalurkan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×