kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong Pendanaan untuk Startup, Mandiri Capital Luncurkan Program Xponent


Selasa, 04 Oktober 2022 / 14:03 WIB
Dorong Pendanaan untuk Startup, Mandiri Capital Luncurkan Program Xponent
ILUSTRASI. Karyawan Mandiri Capital Indonesia (MCI) melintas dekat papan nama MCI sesaat setelah peresmian kantor MCI di Jakarta, Senin (14/3). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/14/03/2016


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk memberikan pendanaan lebih lanjut pada startup ditambah memperkuat inovasi di ekosistem Grup Bank Mandiri, PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) meluncurkan program Xponent. 

Adapun, Program Xponent ini berisikan panel session dan business matching sebagai upaya MCI untuk mempertemukan startup dengan beberapa unit bisnis dan perusahaan anak dari Mandiri Group untuk nantinya dapat saling berkolaborasi dan bersinergi.

“MCI akan rutin melaksanakan Program Xponent secara berkala. Dengan upaya ini, diharapkan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara startup dengan Mandiri Group, serta menjadi value creation bagi seluruh stakeholders,” ungkap Direktur Investasi MCI Dennis Pratistha dalam keterangan resminya, Selasa (4/10).

Sebagai informasi, saat ini MCI sudah terlibat dalam pendanaan kepada 22 startups yang bergerak di berbagai bidang dan MCI berperan aktif untuk membangun business traction kepada portfolio, maupun non-portfolio melalui sinergi. 

Baca Juga: Inflasi Naik, NPL Kredit Pemilikan Apartemen BCA dan Bank Mandiri Masih Terjaga

Dennis merinci ada beberapa sinergi dengan Bank Mandiri yang sudah MCI jembatani seperti loan channeling dengan Crowde menyasar toko tani, lalu loan channeling dengan Amartha sebagai bentuk market expansion Bank Mandiri kepada womenpreneurs di kota-kota tier 2 dan 3, serta invoice financing bersama Investree kepada pelaku segmen bisnis dan small medium enterprises (SME).

Di luar kerjasama tersebut, pihaknya juga mendorong inisiatif strategis Livin’ by Mandiri melalui kerjasama dengan Ayo Connect sebagai business alliance dan switcher serta berkontribusi untuk Kopra by Mandiri melalui sistem order management system dari iSeller bagi nasabah wholesale Bank Mandiri.

Program Xponent akan berlangsung pada tanggal 13 dan 20 Oktober 2022 dengan mengusung 2 topik. Topik pertama ialah terkait startup yang berfokus pada teknologi finansial dan pembayaran. 

Topik selanjutnya adalah startup yang memiliki solusi bisnis di luar sektor financial technology seperti marketplace, social commerce, agent network, banking-as-a-solution, insurance, logistik dan lain-lain 

Adapun startup yang bisa bergabung dalam program ini perlu memenuhi beberapa kriteria, antara lain minimum sudah melakukan putaran penggalangan dana Pra-seri A, mempunyai model bisnis yang solid dan berkelanjutan, serta mempunyai use case sinergi dengan institusi finansial (jika ada)

Baca Juga: Titah RUU Omnibus Law Keuangan, OJK Bakal Punya Kepala Pengawas Baru

“Bagi startup yang memenuhi persyaratan dan ingin mendaftar dapat mengakses website resmi Program Xponent www.mci-xponent.com,” ujar Dennis.

Setelah mendaftar, Dennis jelaskan semua aplikasi akan dikurasi sesuai dengan relevansinya terhadap unit bisnis di Mandiri Group dan tim MCI Xponent akan menghubungi seluruh pendaftar untuk mengumumkan status seleksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×