kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, BTN Terus Menerapkan ESG Dalam Operasional


Rabu, 10 Januari 2024 / 10:59 WIB
Dukung Pembangunan Berkelanjutan, BTN Terus Menerapkan ESG Dalam Operasional
ILUSTRASI. Kantor cabang Bank BTN


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN)  terus menerapkan pilar pelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola alias environmental, social, and governance (ESG). Nah, Bumi Global Karbon (BGK) Foundation, sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada pelestarian lingkungan, dalam hal transparansi prinsip-prinsip ESG yang dilakukan oleh perbankan di dalam bisnis dan operasionalnya menyebut, BTN semakin transparan dalam penerapan ESG.

Terlihat dari peningkatan nilai rata-rata ESG sebesar 13,76% ke angka 86,76% pada 2022. Naik dibandingkan tahun sebelumnya yakni 73%. Atas pencapaian ini, BTN berhak mendapatkan predikat Leadership AA. Predikat tersebut mencerminkan kontribusi positif BTN terhadap pembangunan berkelanjutan. Tidak hanya mematuhi regulasi, BTN dinilai telah menjadi agen perubahan yang proaktif dalam menerapkan standar tinggi dalam pengungkapan ESG (ESG Disclosure).

Achmad Deni Daruri, Founder Bumi Global Karbon Foundation mengatakan, BTN berhasil masuk ke dalam kriteria lima besar perusahaan menurut ESG Leader BGK. ESG Leader BGK adalah Indeks BGK Foundation yang memiliki nilai pengungkapan ESG tertinggi dan masuk ke dalam LQ45, atau daftar 45 emiten terbaik dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang baik. 

Baca Juga: Tren ESG Meningkat, Surveyor Indonesia Hadirkan Layanan Pendampingan ESG

Dalam era di mana keberlanjutan dan tanggung jawab sosial semakin menjadi perhatian utama. "Dengan mengungkapkan informasi terkait ESG secara jelas dan terbuka, Bank BTN tidak hanya memenuhi tuntutan peraturan, tetapi juga memberikan pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham, nasabah, dan masyarakat umum, kejelasan tentang nilai dan prinsip yang dipegang teguh oleh Bank BTN,” ujar Deni, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1). 

Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, pemberian predikat tersebut memberikan dorongan motivasi untuk Bank BTN terus menjadi yang terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan di industri perbankan nasional. "BTN akan terus memperkuat komitmen kami terhadap prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik, sehingga kami dapat mencapai tujuan kami yaitu menjadi bank mortgage terbaik di kawasan,” ujar Nixon.

Pencapaian kinerja BTN yang positif selama ini tidak terlepas dari penerapan pilar ESG melalui 21 inisiatif. Sebagai contoh, penggunaan panel surya untuk kantor sendiri, pembentukan komite ESG dan website ESG Bank BTN, serta mengadakan awareness session terkait ESG kepada 100 karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×