kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi mengeliat, kucuran kredit modal kerja perbankan ikut terkerek


Minggu, 21 November 2021 / 19:45 WIB
Ekonomi mengeliat, kucuran kredit modal kerja perbankan ikut terkerek


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemulihan ekonomi membuat bank semakin optimis mengucurkan kredit modal kerja. Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan kredit perbankan mencapai  3,24% year on year (yoy) pada Oktober 2021. 

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan perbaikan kredit didorong baik oleh permintaan dan penawaran. Padahal pada September 2021, kredit bank secara nasional baru tumbuh 2,21% yoy.

Permintaan kredit modal kerja mulai mampu mengejar pertumbuhan kredit konsumsi. BI mencatatkan kredit modal kerja naik 2,6% yoy menjadi Rp 2538,2 triliun per September 2021. Sedangkan pertumbuhan kredit konsumsi naik 2,9% yoy menjadi Rp 1638,2 triliun di sembilan bulan pertama 2021. 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatatkan realisasi kredit modal kerja (KMK) secara bank only telah mencapai Rp 297,4 triliun per Oktober 2021.

Baca Juga: Likuiditas melimpah, bank parkirkan dana ke surat berharga negara

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha menyatakan nilai itu memiliki porsi kurang lebih 40% dari total kredit Bank Mandiri (Bank Only)

“Komposisi ini sama seperti tahun lalu. Adapun kontributor utama pertumbuhan kredit tersebut antara lain berasal dari sektor Telekomunikasi, FMCG, serta Perkebunan Sawit dan CPO,” ujar Rudi kepada Kontan.co.id pada Minggu (21/11).

Ia menyatakan kredit modal kerja diharapkan dapat tetap tumbuh hingga akhir tahun. Kredit ini akan ditopang oleh sektor-sektor yang masih prospek baik dan relatif tidak terdampak secara langsung oleh pandemi Covid-19.

Ia mencontohkan sektor yang masih prospektif seperti, Telekomunikasi, FMCG, serta Perkebunan Sawit & CPO. Hal ini mengingat perkembangan industri terkait dan kondisi debitur pada sektor-sektor tersebut hingga sembilan bulan pertama tahun ini yang relatif masih memiliki kinerja yang baik. 

Baca Juga: BI catat kebutuhan pembiayaan korporasi makin meningkat pada Oktober 2021

“Selain itu, dengan upaya Pemerintah dan regulator untuk terus mendorong pemulihan ``ekonomi, kami optimis ruang pertumbuhan masih terbuka,” tukasnya. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan pertumbuhan kredit modal kerja secara bank only 14,3% yoy menjadi Rp 489,03 triliun per September 2021. Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto menyatakan mayoritas kredit modal kerja disalurkan pada segmen mikro.

“BRI optimistis menilai prospek KMK ke depan, mengingat saat ini kondisi ekonomi sudah berangsur normal akibat melandainya pandemi. Selain itu, optimisme BRI didasari oleh keberadaan Holding Ultra Mikro yang menjadi sumber pertumbuhan baru perseroan. Secara umum, BRI menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 8%-10% yoy di tahun 2022,” jelasnya Kontan.co.id.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×