Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam memudahkan masyarakat berdonasi dan berkurban di tengah pandemi Covid-19, Dompet Dhuafa meluncurkan Chat Pay atau WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking, sebagai layanan kemudahan berkurban dan berdonasi saat ini. Kemudahan tersebut menambah layanan masyarakat untuk berdonasi dan berkurban di kondisi tatanan baru kehidupan akibat pandemi Covid-19.
Layanan tersebut diharapkan untuk memudahkan masyarakat berdonasi baik dalam menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf, yang dapat diakses hanya dengan ponsel pintar. Sehingga, saat masyarakat tetap beraktivitas dari rumah atau dalam pembatasan sosial, tetap dapat menggulirkan kebaikan-kebaikan untuk sesama.
Baca Juga: Dukung tenaga medis di RS rujukan Covid-19, P&G sumbang Rp 200 juta
“Melalui Chat Pay, Dompet Dhuafa mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkurban dan berdonasi, semudah menarikan jari tangan di layar smartphone. Kemudahan tersebut menjadi kemasan terbaru berbagi kebaikan dari Dompet Dhuafa di tengah pandemi Covid-19,” ucap Imam Rulyawan, selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa dalam keterangannya, Senin (22/6).
Perkembangan teknologi komunikasi menjadi motivasi Dompet Dhuafa untuk terus menghadirkan kemudahan berdonasi hingga membayar kurban dari genggaman. Munculnya beberapa pilihan membayar kurban secara online atau melalui aplikasi digital, turut mendongkrak penghimpunan dana sosial termasuk kurban. Kecanggihan teknologi komunikasi masa kini bisa memudahkan masyarakat untuk membayar donasi hingga berkurban baik itu melalui aplikasi digital khusus maupun transfer bank. Adanya Chat Pay tentu menambah daftar layanan kemudahan tersebut.
Di tengah pandemi Covid-19, teknologi komunikasi sangat berperan vital terutama pada layanan berkurban maupun berdonasi. Ragam fitur dan kanal kurban serta donasi, dapat memudahkan masyarakat melakukan transaksi dengan tidak mengurangi kebermanfaatannya. Platform kemudahan berkurban dan berdonasi, didukung oleh sistem BNI Syariah.
Pengguna tinggal masuk dalam WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking. Kemudian mengenalkan diri, selanjutnya akan diarahkan dengan mengetik Daftar#Nama Lengkap#Email hingga petunjuk untuk ketik MENU, maka petunjuk selanjutnya anda di arahkan pada 3 pilihan yaitu DONASI, KURBAN dan INFORMASI.
Baca Juga: Transaksi digital Digibank DBS naik 75% selama PSBB
Sementara itu pengamat ekonomi makro, Hendri Saparini mengatakan WhatsApp Pay adalah salah satu inovasi digital yang sangat baik, yang akan memudahkan kegiatan berdonasi masyarakat Indonesia.
"Beban kita belum selesai dalam menghadapi Covid-19, untuk membagi beban tersebut yaitu dengan inovasi WhatsApp Pay hal tersebut akan memudahkan masyarakat untuk gotong royong secara digital. Selain memudahkan bersedekah, aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban. Masyarakat akan semakin mudah berkurban dengan harga terjangkau sekaligu memberdayakan peternak yang saat ini mereka juga terdampak pandemi Covid-19," jelasnya.
Di lain sisi, Yuniara Kuswinda, Transactional Business Division BNI Syariah, menyambut baik program Kurban Dompet Dhuafa tahun ini yang menggandeng BNI Syariah sebagai bank partner, untuk layanan transaksi perbankan menggunakan Virtual Account BNI Syariah.
“Dompet Dhuafa telah menjadi nasabah BNI Syariah sejak periode awal berdirinya BNI Syariah. Sejauh ini, kerja sama BNI Syariah dengan Dompet Dhuafa terkait dengan penyaluran bantuan kemanusiaan dan transaksi menggunakan rekening giro BNI Syariah untuk rekening penampungan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF),” jelas Yuniara.
Baca Juga: BI optimistis cadangan devisa Juni 2020 akan kembali meningkat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News