kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng LinkAja, PNM dorong transaksi non-tunai


Rabu, 08 Juli 2020 / 20:47 WIB
Gandeng LinkAja, PNM dorong transaksi non-tunai
Nasabah PNM menunjukkan aplikasi LinkAja


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital pada Rabu (8/7). Pilot project berupa pencairan pembiayaan kepada nasabah PNM Mekaar melalui saldo LinkAja. 

Hal ini telah disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman antara PNM dan LinkAja. Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan untuk mendorong transaksi non-tunai dan mengembangkan cashless society terutama pada penyaluran pembiayaan PNM Mekaar serta ekosistem nasabah dan mitra PNM. 

Baca Juga: Terdampak wabah corona, separuh nasabah PNM jalani restrukturisasi pembiayaan

"Ini juga merupakan bagian dari upaya kami mengembangkan akses jasa layanan inklusi keuangan dalam ekosistem khusus berbasis digital untuk memberi nilai tambah kepada nasabah", kata Arief, dalam keterangan pers, Rabu (8/7).

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja berharap, dukungan teknologi yang dihadirkan oleh LinkAja bisa menjadi inovasi yang relevan serta solusi yang memudahkan dan memberikan keamanan bagi nasabah yang merupakan segmen unbanked dan underbanked. 

“Tidak hanya meningkatkan efisiensi waktu dalam proses pencairan pinjaman nasabah, namun proses penyaluran pinjaman secara nontunai ini juga turut menjadi medium edukasi mengenai kemudahan bertransaksi secara elektronik, yang dapat meningkatkan literasi keuangan para nasabah," terang Haryati.

Menurutnya, transformasi skema penyaluran ini juga tentunya memperkecil risiko pengelolaan uang tunai yang saat ini dihadapi oleh account officer atau pendamping nasabah PNM Mekaar.

Pada pilot project PNM dan LinkAja melakukan pencairan pembiayaan kepada 10 nasabah PNM Mekaar dengan total pencairan Rp 72 juta. Nasabah  yang diikutsertakan dalam program ini merupakan nasabah aktif PNM Mekaar yang telah mendapatkan pembiayaan berkelanjutan serta dianggap telah siap turut dalam transaksi non-tunai. 

Sebelum dilakukan pencairan pembiayaan kepada nasabah, PNM telah melakukan verifikasi data terlebih dahulu untuk memastikan keamanan layanan transaksional ini. 

Bagi nasabah  yang telah memperoleh pencairan pembiayaan melalui saldo LinkAja dapat melakukan tarik tunai di seluruh ATM Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) termasuk BRI, BNI, Mandiri, dan BTN serta melalui Alfamart dan Indomaret terdekat.

Baca Juga: PNM sudah restrukturisasi Rp 8,21 triliun pembiayaan mikro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×