kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Gelar RUPSLB, pemegang saham Bank Mayapada setujui rencana rights issue


Senin, 04 Januari 2021 / 16:49 WIB
Gelar RUPSLB, pemegang saham Bank Mayapada setujui rencana rights issue
Paparan hasil RUPSLB Bank Mayapada

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana PT Bank Mayapada Internasional Tbk untuk kembali melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) XII dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue sudah mendapat persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Senin (4/12). 

Bank berkode saham MAYA ini akan melakukan penambahan modal lewat rights issue sebanyak-banyaknya 5 miliar saham baru Seri B atau sebanyak-banyaknya sebesar 42,26% dari modal disetor setelah terlaksananya PUT XIII dengan nilai nominal Rp 100 per saham. 

"RUPSLB telah menyetujui PUT XIII dengan menerbitkan HMETD sebanyak-banyaknya 5 miliar saham," tulis managemen Bank Mayapada dalam keterangan resminya, Senin (4/1). 

RUPSLB juga menyetujui perubahan Pasal 4 ayat (2) anggaran dasar perseroan yaitu peningkatan modal ditempatkan dan disetor sehubungan dengan pelaksanaan PUT XIII serta pemberian wewenang kepada direksi untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu untuk melaksanakan keputusan agenda rapat tersebut.

Baca Juga: Bank Mayapada mau rights issue, Tahir: Kami pasti ambil bagian

Direksi sekaligus diberi kuasa menetapkan keputusan rapat dalam suatu akta notaris dan melaporkan kepada pihak yang berwenang untuk memperoleh persetujuan atas perubahan anggaran dasar perseroan, serta membuat segala pengubahan yang mungkin diminta pihak yang berwenang. 

Rapat juga telah menyetujui pemberian kuasa dan wewenang kepada direksi perseroan untuk melakukan tindakan-tindakan persiapan sehubungan dengan rights issue tersebut. 

Pemegang saham pengendali (PSP) Bank Mayapada saat ini adalah Tahir melalui PT Mayapada Karunia dengan kepemilikan saham 26,42% dan JPMCB Na-Re-Cathay Life Insurance Co Ltd. sebesar 37,33%

Sementara, pemegang saham bukan PSP melalui pasar modal dengan kepemilikan lebih dari 5% antara lain Galasco Investments Limited sebesar 12,67%, Unity Rise Limited sebesar 7,31%, dan masyarakat sebesar 16,27%.

Dalam prospektus rights issue yang diterbitkan sebelumnya disebutkan rencana penambahan modal ini diharapkan dapat memperkuat struktur permodalan perseroan, sehingga dapat menambah kemampuan perseroan untuk meningkatkan kegiatan usaha, kinerja, dan daya saing dalam industri yang sama. Sehingga pada akhirnya dapat mendongkrak imbal hasil nilai investasi bagi seluruh pemegang saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari PUT XIII, dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan dipergunakan seluruhnya oleh perseroan untuk memperkuat struktur permodalan dalam meningkatkan aktiva produktif dalam bentuk kredit. Pelaksanaan rights issue akan dilaksanakan setelah mendapat persetujuan RUPSLB dan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selanjutnya: Salah satu orang terkaya Indonesia ini akan tambah modal Bank Mayapada lagi

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×