kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot Bisnis Kartu Kredit, Sejumlah Bank Gelar Travel Fair


Jumat, 11 Agustus 2023 / 20:06 WIB
Genjot Bisnis Kartu Kredit, Sejumlah Bank Gelar Travel Fair
Pameran perjalanan wisata?Mega Travel Fair di Central Park, Jakarta.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank kembali gencar menggelar event travel fair untuk mendorong pertumbuhan bisnis kartu kredit di semester kedua tahun ini. Sebelumnya penyelenggaraan event travel fair pada paruh pertama 2023 terbukti sukses membuahkan hasil.

Yang terbaru adalah event Mega Travel Fair yang digelar PT Bank Mega Tbk (MEGA) di Central Park, Jakarta yang berlangsung selama 4 hari, yakni tanggal 10 - 13 Agustus 2023.

Wakil Direktur Utama Bank Mega, Diza Larentie menyampaikan melalui event travel fair ini, pihaknya menargetkan nilai sales dari transaksi kartu kredit Bank Mega sebesar Rp 120 miliar.

"Ini kali kedua event Mega Travel Fair tahun ini. Karena kita melihat pandemi sudah tidak ada, antusias masyarakat sudah kembali bergairah untuk melakukan travelling, kontribusinya kenaikannya luar biasa, sudah begitu tinggi jika dibandingkan saat pandemi," kata Diza saat ditemui di acara Mega Travel Fair, Jumat (11/8).

Diza merinci target pertumbuhan sales volume dari total transaksi kartu kredit Bank Mega untuk tahun ini sebesar 15%-20% yoy. Meskipun memang Diza mengaku komposisi dari kontribusi transaksi kartu kredit Bank Mega masih didominasi oleh segmen ritel dan fashion.

"Kita harapkan untuk sales volume kartu kredit untuk segmen travel ini bisa mengejar posisi segmen ritel dan fashion nantinya dengan kontribusinya sebesar 20%," kata Diza.

Baca Juga: Digelar 1-3 September, Kompas Travel Fair (KTF) 2023 Targetkan 20.000 Pengunjung

Pada fase pertama dari event Mega Travel Fair yang digelar Februari lalu, Diza merinci realisasi capaian target sales volume dari transaksi kartu kredit Bank Mega mencapai 80% dari total target Rp 100 miliar.

"Pelaksanaan event ini juga melihat momen, pada fase pertama (Februari) kita laksanakan karena menjelang libur lebaran, nah ini kita laksanakan di Agustus menjelang sebagai persiapan libur natal dan tahun baru," kata Diza.

Lebih lanjut, Diza menyampaikan, melalui event ini, pihaknya menargetkan dapat mengakuisisi pengguna baru kartu kredit Bank Mega sebanyak lebih dari 2000 pengguna.

Sementara itu PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) baru-baru ini juga telah menggelar event travel fair keduanya di Senayan City Jakarta dan Surabaya pada 4-6 Agustus lalu.

Melalui event travel fair ini, CIMB Niaga menargetkan sales volume transaksi kartu kreditnya di atas Rp 50 miliar, melampaui capaian dari event travel fair CIMB Niaga pada fase pertama yang dilaksanakan Februari lalu.

"Event travel fair pada Februari lalu kita capaiannya sebesar Rp 50 miliar, jadi kita targetkan yang kedua ini bisa di atas Rp 50 miliar," kata Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi.

Novidady menyebutkan, sektor travel menjadi kontribusi yang cukup besar dalam menyumbang pertumbuhan kartu kredit di CIMB Niaga, yakni sebesar 30%-40%.

"Tiap bulannya ada sekitar 15 ribu pengguna baru kartu kredit CIMB Niaga, sehingga kita targetkan transaksi dan pengguna kartu kredit tahun ini bisa tumbuh double digit," kata Noviady.

Setidaknya saat ini pengguna kartu kredit CIMB Niaga tercatat sebanyak 2 juta pengguna.

Tak mau kalah, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) juga mendorong pertumbuhan bisnis kartu kreditnya melalui program travel fair yang telah digelar pada 3-6 Agustus 2023 lalu.

Meski tidak merinci berapa target sales volume hingga pengguna baru, Direktur, Wealth and Personal Banking Bank HSBC Indonesia Lanny Hendra menyampaikan gelaran event ini bertujuan untuk mendorong volume transaksi kartu kredit HSBC di tahun ini.

"Program ini ikut meningkatkan penggunaan kartu kredit yang berdampak pada volume transaksi kartu kredit HSBC Indonesia," kata Lanny minggu lalu.

Baca Juga: Gelar Mega Travel Fair, Bank Mega Bidik Akuisisi 2000 Pengguna Kartu Kredit Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×