Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Mandiri terus mencoba menghadirkan beragam terobosan untuk memperkuat seluruh lini bisnis, termasuk bisnis KPR. Terbaru, bank pelat merah ini bersinergi dengan platform e-commerce Bukalapak untuk mendorong ekspansi produk KPR secara online melalui menu BukaRumah, serta dengan startup properti Pinhome.id dalam penyediaan dan pemasaran properti secara digital.
Melalui menu BukaRumah, Bank Mandiri nantinya akan menawarkan stok properti di seluruh Indonesia yang berasal dari developer rekanan kepada pengguna Bukalapak.
Baca Juga: Lima Bank Ini Kuasai Lebih dari Separuh Dana Simpanan Nasabah
Secara periodik, stok tersebut akan diperbarui oleh Pinhome.id dengan menambah daftar properti yang ditawarkan agar dapat memberikan variasi produk sesuai kebutuhan masyarakat.
Saat ini, proses pengembangan menu BukaRumah di platform Bukalapak ini telah berada pada tahap finalisasi dan akan dapat dinikmati secara luas pada kuartal II 2020.
Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi, kolaborasi dengan usaha berbasis platform ini merupakan bentuk inisiatif perseroan untuk mengadopsi perkembangan teknologi informasi dalam menciptakan efisiensi dan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat.
“Melalui kerjasama ini, kami ingin menciptakan pengalaman baru bertransaksi properti. Cukup dengan menggerakkan jari pada gawai yang dimiliki, masyarakat dapat memiliki aset properti yang dibutuhkan. Apalagi kami juga memiliki program-program promo yang menarik pada kerjasama ini,” kata Hery di Pameran Properti Bank Mandiri dan Bukalapak di Jakarta, Kamis (27/2).
Baca Juga: Ini deretan BUMN yang tersandung kasus di era Erick Thohir
Hery bilang, masyarakat dapat langsung mengajukan aplikasi atas aset properti yang diinginkan pada menu yang sama agar dapat segera diproses. Bahkan jika seluruh persyaratan formal telah dipenuhi, masyarakat dapat persetujuan dalam waktu yang relatif cepat.
“Masyarakat juga dapat memperoleh kejelasan progres pengajuan kredit yang diupdate secara berkala di platform Bukalapak,” katanya.
Adapun program promo yang diberikan dalam kerjasama dengan Bukalapak ini antara lain kesempatan untuk mendapatkan cashback dan furniture pilihan, diskon khusus harga properti, hingga angsuran yang lebih ringan daripada pengajuan secara offline.
Hery berharap, kerjasama ini akan dapat meningkatkan transaksi kredit kepemilikan properti Bank Mandiri di atas 8% pada akhir tahun ini setelah mencatat kenaikan 2,8% pada akhir tahun lalu menjadi Rp 44,3 triliun.
Baca Juga: Bunga deposito tertinggi 6,5%, ini dia lima bank pemberi bunga deposito paling tinggi
Khusus di primary market, penyaluran kredit Bank Mandiri tumbuh 12,63%, sehingga untuk pencapaian target KPR di 2020 diperlukan kolaborasi aktif dengan developer rekanan dalam bentuk joint event seperti yang diadakan saat ini yaitu Property Expo.
Pameran properti Bank Mandiri dan Bukalapak menghadirkan 17 developer dalam rangkaian kegiatan One Heart One Mandiri Bazaar tanggal 26 - 28 Februari 2020.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News