kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,83   21,77   2.47%
  • EMAS938.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.82%
  • RD.CAMPURAN -0.92%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

GoPay bidik transaksi pembayaran digital PBB dan retribusi DKI Jakarta


Rabu, 23 September 2020 / 12:31 WIB
GoPay bidik transaksi pembayaran digital PBB dan retribusi DKI Jakarta
ILUSTRASI. PayLater Gojek. KONTAN/Muradi


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uang elektronik GoPay membidik transaksi pembayaran digital Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta retribusi Provinsi DKI Jakarta. Guna menyukseskan perluasan penggunaan ini, GoPay mengandeng Bank DKI dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta.

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata menyatakan masyarakat Jakarta tidak perlu ke luar rumah untuk membayar kewajiban kepada negara saat pandemi. Lantaran bisa menggunakan GoPay lewat fitur GoTagihan yang tersedia di aplikasi Gojek untuk membayar pajak bumi dan bangunan serta retribusi.

“Metode pembayaran pajak dengan GoTagihan ini pun turut mendukung potensi penerimaan Daerah Provinsi DKI Jakarta yang lebih efisien. Ini juga bukanlah kerja sama GoPay dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, salah satunya penerapan QRIS yang diinisiasi oleh Bank Indonesia,” ujar Budi dalam konferensi daring pada Rabu (23/9).

Baca Juga: Marak tawaran pinjaman online lewat SMS, AFPI: Itu praktik fintech ilegal

Kepala Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Mohammad Tsani Annafari berharap kerja sama ini tidak hanya untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan. Namun juga bisa dikembangkan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor bagi mitra pengemudi yang dimiliki oleh GoJek.

“Saya undang GoPay untuk mengajukan proposal lainnya. Misal, pengemudi sepeda motor partner GoJek, mereka kita bisa fasilitasi bayar Pajak Kendaraan bermotornya menggunakan GoPay. Begitupun dengan untuk restoran bagi mitra GoFood GoJek,” tambah Tsani.

Pemimpin Grup Pengembangan Digital dan Komunikasi Bisnis Bank DKI Edo Yudhistira berharap kolaborasi ini bisa meningkatkan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) serta retribusi Jakarta secara digital. Ia optimis transaksi pembayaran pajak digital ini bisa meningkatkan pendapatan bebrasis komisi atau fee based income Bank DKI.

Adapun cara pembayaran dengan membuka aplikasi Gojek, pilih layanan GoTagihan, dan pilih menu pembayaran layanan publik sesuai kebutuhan apakah retribusi atau PBB.

Baca Juga: Sederet bank di Indonesia masuk daftar FinCEN, bankir angkat bicara

Kemudian pengguna dapat memilih pembayaran sesuai kota yang dikehendaki. Lalu nomor objek pajak dan tahun pajak, bayar dengan GoPay dan konfirmasi pembayaran menggunakan PIN dan pembayaran selesai.

Selanjutnya: Layanan paylater dibekukan, Tokopedia: Tanya ke OVO

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×