kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Green Bond BRI Senilai Rp 6 Triliun Resmi Tercatat di Bursa Efek Indonesia


Rabu, 18 Oktober 2023 / 13:53 WIB
Green Bond BRI Senilai Rp 6 Triliun Resmi Tercatat di Bursa Efek Indonesia
ILUSTRASI. BRI kembali melakukan penawaran obligasi hijau atau green bond tahap II dengan pokok obligasi Rp 6 triliun.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali melakukan penawaran obligasi hijau atau green bond tahap II dengan pokok obligasi mencapai Rp 6 triliun. Sebelumnya BBRI juga telah melakukan penawaran obligasi hijau tahap I senilai Rp 5 triliun, sehingga saat ini totalnya telah mencapai Rp 11 triliun.

Dikutip dari keterbukaan informasi, jadwal penawaran obligasi hijau itu mulai tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (18/10), dengan masa penawaran umum untuk obligasi hijau mulai 10 Oktober 2023 hingga 12 Oktober 2023.

Mengacu prospektusnya, Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI Tahap II Tahun 2023 atau green bond itu terdiri dari tiga seri, yaitu Obligasi Berwawasan Lingkungan Seri A, Obligasi Berwawasan Lingkungan Seri B, dan Obligasi Berwawasan Lingkungan Seri C.

Baca Juga: BRI akan Terbitkan Green Bond Rp 6 Triliun, Berikut Jadwal Lengkapnya

Masing-masing obligasi ditawarkan sebesar 100% dari jumlah pokok obligasi. Obligasi Berwawasan Lingkungan ini diterbitkan tanpa warkat kecuali Sertifikat Jumbo Obligasi Berwawasan Lingkungan yang diterbitkan oleh Perseroan atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Pada Obligasi Berwawasan Lingkungan Seri A ditawarkan sebesar Rp 1,34 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,10% per tahun dan berjangka waktu 370 hari kalender sejak tanggal emisi. 

Pada Obligasi Berwawasan Lingkungan Seri B ditawarkan sebesar Rp 4,15 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,35% per tahun, berjangka waktu 2 tahun sejak tanggal emisi. 

Sementara pada obligasi Berwawasan Lingkungan Seri C ditawarkan sebesar Rp 500 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,30% per tahun dan berjangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi. Adapun, bunga obligasi itu dibayarkan setiap triwulan sejak tanggal emisi.

Baca Juga: BRI Ikut Serta Dalam Transaksi Perdagangan Perdana Bursa Karbon

Di mana bunga pertama akan dibayarkan pada 17 Januari 2024 sedangkan bunga terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi akan dibayarkan masing-masing pada 27 Oktober 2024 untuk Seri A, 17 Oktober 2025 untuk Seri B dan 17 Oktober 2026 untuk Seri C. Pelunasan obligasi sendiri dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo.

Adapun, wali amanat dari efek itu adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) dan mendapatkan rating emisi idAAA atau triple A Pefindo. 

"Dalam rangka penawaran umum berkelanjutan ini, perseroan telah memperoleh peringkat idAAA atas Obligasi Berwawasan Lingkungan dari Pefindo," tulis Manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×