kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati modus penipuan mengatasnamakan BCA via telepon


Minggu, 05 September 2021 / 16:09 WIB
Hati-hati modus penipuan mengatasnamakan BCA via telepon


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan penipu yang mengatasnamakan bank ini.  Modus penipuan mengatasnamakan BCA makin marak belakangan ini, terutama telepon dari nomor palsu seperti + 6221-1500888 / 021-500888, dan sebagainya.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, para penipu bisa menggunakan aplikasi Fake Caller!. Penipuan ini bisa dihindari dengan tiga cara menurut BCA. 

Pertama,  jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan, meskipun terlihat mirip dengan nomor resmi call centre. "Sebaiknya tidak menyimpan nomor Halo BCA pada kontak di handphone, sehingga bisa melihat nomor telepon yang masuk apakah benar nomor resmi Halo BCA 1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021, atau apapun," kata Hera dalam keterangan resminya, Minggu (5/9).

Baca Juga: Peringati hari pelanggan nasional, BCA tingkatkan keamanan data nasabah

Kedua, jika mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal lalu penelpon memberikan informasi adanya aktivitas mencurigakan pada kartu kredit / rekening / mobile banking milik Anda, tetap tenang & jangan panik. Kalau Anda melayani maka kartu kredit, debit/ATM, dan tabungan Anda bisa jebol! Jadi, segera matikan telepon tersebut.

Hera mengaskan,  BCA tidak pernah minta data-data seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV Kartu Kredit, OTP dan data pribadi lainnya karena #DatamuRahasiamu!

Ketiga, jika menemukan aktivitas mencurigakan seperti yang dijelaskan di atas, segera hubungi Halo BCA di 1500888; Twitter @HaloBCA; Email: halobca@bca.co.id; atau WhatsApp Bank BCA 08111500998.

"Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat & sekitar untuk tidak mudah tertipu oleh para penipu dengan menjalankan 3 cara di atas. Dengan begitu, teman-teman telah menjadi agent of change pencetak Generasi #AntiModus!," kata Hera.

Selanjutnya: Gandeng fintech dan e-commerce, BCA salurkan kredit secara digital Rp 112,4 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×