CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Indonesia Re jadi BUMN reasuransi pertama gelar rapat di atas kapal


Rabu, 04 September 2019 / 16:04 WIB

Indonesia Re jadi BUMN reasuransi pertama gelar rapat di atas kapal
ILUSTRASI. Indonesia Re gelar rapat di atas kapal


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BUMN reasuransi, Indonesia menyelenggarakan rapat industri asuransi dan reasuransi bertajuk Marine On-Board di atas kapal Pelni dengan rute Jakarta-Surabaya, pada tanggal 30 Agustus-1 September 2019. Rapat yang membahas asuransi marine hull ini menjadi rapat industri asuransi dan reasuransi pertama di Indonesia yang digelar di atas kapal. 

General Reinsurance CEM and Administration Division Head Arie Surya Nugraha mengatakan, pihaknya berinisiatif untuk menyelenggarakan rapat di atas kapal tak lain agar para ceding dapat meninjau langsung kondisi di lapangan.

"Kami ingin memberikan nilai tambah, experience yang berbeda kepada para ceding company karena dengan terjun langsung ke lapangan, kita semua akan mendapatkan bayangan langsung seputar seluk beluk marine hull," ujar Arie dalam keterangannya, Rabu (4/9).

Baca Juga: Menteri BUMN Rini rombak susunan komisaris Indonesia Re

Dengan mengusung tema 'Insufficient Tugs Power vs Unseaworthiness', Marine On-Board merupakan platform strategis untuk mensosialisasikan isu-isu penting terkait Marine Hull, khususnya pemicu dari klaim-klaim yang acap timbul karena kecelakaan kapal tug boat atau kapal barge.  

Pasalnya, cuaca buruk kerap menjadi kambing hitam terjadinya kecelakaan. Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, kecelakaan kapal biasanya terjadi karena kekuatan tarikan tug boat tidak dapat mengimbangi tonase kapal yang ditariknya. 

Tug boat adalah kapal yang berfungsi sebagai kapal penarik (towing) atau kapal pendorong (pusher) kapal barge yang umumnya digunakan untuk mengangkut barang seperti batubara, peti kemas, dan bahkan kendaraan.

Standar kekuatan tarikan tug boat adalah 2 x 1.200 tenaga kuda, dengan kapasitas tarikan beban hingga 30 ton. Fakta di lapangan, masih banyak tug boat dengan kekuatan tarikan dibawah standar yang memaksakan beroperasi, sehingga bila terjadi gelombang yang cukup tinggi, baik tug boat maupun barge berisiko tinggi kandas.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0128 || diagnostic_web = 0.1893

Close [X]
×