kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Keunggulan Pinjaman Serba Guna Pegadaian


Jumat, 01 Desember 2023 / 15:22 WIB
Ini Keunggulan Pinjaman Serba Guna Pegadaian
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online


Reporter: Dendi Siswanto, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era dan perkembangan teknologi yang kian pesat, semua hal bisa dilakukan secara mudah. Begitu pula dengan akses pendanaan. Apabila dulu masyarakat maupun pelaku ekonomi mikro sulit mendapatkan pinjaman, kini untuk mendapatkan pinjaman bisa dengan mudah.

Salah satu akses pendanaan yang bisa dijangkau adalah produk Pinjaman Serba Guna yang ditawarkan Pegadaian, yang merupakan anggota Holding Ultra Mikro yang dipimpin Bank BRI.

Pinjaman Serba Guna merupakan kredit yang diberikan kepada karyawan dan non karyawan untuk keperluan konsumtif dengan agunan BKPB kendaraan bermotor.

Baca Juga: Ini Dia Syarat Mengajukan Kredit Ultra Mikro

Nah, proses menggadaikan BKPB kendaraan bermotor ini bisa dilakukan dengan mendatangi kantor Pegadaian secara langsung.

Pinjaman Serba Guna Pegadaian memiliki kelebihan jika dibandingkan produk pembiayaan lainnya. Sederet kemudahan itu antara lain proses pengajuan kredit yang mudah, sewa modal alias bunga pinjaman yang terjangkau serta cicilan tetap per bulan, dan pastinya kendaraan yang BPKB-nya diagunkan tetap dapat digunakan.

Persyaratan apa saja yang harus dilengkapi? Calon nasabah perlu menyiapkan fotokopi KTP pemohon dan pasangan, fotokopi Kartu Keluarga (KK), surat keterangan domisili (jika ada), izin praktik kerja/usaha atau surat keterangan kerja/sejenisnya.

Syarat lainnya adalah fotokopi STNK, fotokopi BPKB, fotokopi surat nikah/surat cerai, bukti cek fisik kendaraan. Kemudian bukti kepemilikan tempat tinggal, fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan fotokopi rekening listrik. Untuk tiga syarat terakhir adalah khusus bagi calon nasabah pekerja sektor non formal.

Selain prosedur pengajuan kredit cukup mudah dan cepat, Pinjaman Serba Guna juga bertenor fleksibel, yakni antara 12 bulan hingga 36 bulan.

Pegamat Pasar Keuangan UI Budi Frensidy menilai, produk Pinjaman Serba Guna yang ditawarkan oleh Pegadaian akan lebih menarik dibandingkan produk pembiayaan lainnya apabila bunga pinjamannya lebih rendah jika ada agunan yang diserahkan.

"Mestinya yang dari Pegadaian lebih menarik dan bunganya akan lebih rendah jika ada agunan yang diserahkan," ujar Budi kepada Kontan.co.id, Minggu (29/10).

"Tidak masalah peruntukannya untuk serba guna ataupun yang lain," imbuh dia.

Untuk bunga pinjaman yang ditawarkan oleh Pegadaian lewat produk Pinjaman Serbaguna juga masih terjangkau, berkisar 1,15% hingga 1,5% per bulan dari pinjaman pegadaian.

Baca Juga: Ini Dia Cara Memperoleh Pembiayaan Ultra Mikro

Sementara untuk bunga pinjaman dari produk pembiayaan lainnya bisa lebih tinggi, yakni berkisar 1,9% per bulan hingga 3,99%. Untuk itu, produk Pinjaman Serbaguna bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga yang terjangkau dan tidak memberatkan.

Sebagai perbandingan, berikut ini tarif angsuran bulanan pinjaman mulai Rp 1 juta hingga Rp 100 juta.

*Untuk pinjaman Rp 1.000.000 hingga Rp 10.000.000, maka sewa modal atau biaya pinjamannya adalah 1,5% per bulan.

*Nilai pinjaman Rp 10.100.000 hingga Rp 50.000.000, maka sewa modal adalah 1,25% per bulan.

*Nilai pinjaman Rp 50.100.000 hingga Rp 100.000.000, maka sewa modal adalah 1,15% per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×