kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ini Kondisi yang Memperbolehkan Penggunaan Dana Darurat


Kamis, 15 Juli 2021 / 21:59 WIB
Ini Kondisi yang Memperbolehkan Penggunaan Dana Darurat
ILUSTRASI. Beberapa kondisi darurat dapat ditanggulangi dengan penyimpanan dana darurat di investasi bunga deposito terbaik

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pandemi dan situasi krisis lainnya berdampak pada peningkatan risiko pada mental, fisik, dan sumber penghasilan seseorang. Akibatnya, risiko ini dapat mengganggu keadaan finansial individu ataupun keluarga.

Akan tetapi, situasi saat ini dapat kita hadapi dengan “obat” yang tepat untuk menjaga finansial tetap sehat. Salah satu “obat” yang perlu dipersiapkan adalah dana darurat.

Dana darurat adalah suatu istilah yang ditujukan untuk sejumlah uang yang sengaja dicadangkan oleh pemiliknya. Sering disalahartikan sebagai tabungan, dana darurat sebenarnya tidak diperuntukkan untuk tujuan keuangan tertentu.

Baca Juga: Cara Asyik Ajarkan Anak Menabung

Berapa jumlah ideal kebutuhan dana darurat? Secara umum, kebutuhan dana darurat setiap rumah tangga dimulai dari tiga hingga enam kali jumlah pengeluaran rutin bulanan. Variasi pengali bisa bertambah seiring dengan bertambahnya faktor berikut ini; jumlah tanggungan, kepastian penghasilan, faktor risiko tambahan seperti riwayat penyakit, lokasi tempat tinggal, dan lainnya.

Ada beberapa skenario yang membuat kita bisa menggunakan dana darurat. Jika Anda terkena PHK atau penghasilan berkurang drastis, Anda boleh menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika Anda terkena musibah bencana alam seperti gempa, kebanjiran, dan lain sebagainya, kondisi tersebut memungkinkan Anda menggunakan dana darurat. Selain itu, apabila Anda terkena penyakit atau keluarga inti membutuhkan dana untuk pengobatan, sah-sah saja memakai dana darurat untuk kebutuhan tersebut.

Sebagai pengingat, ketika ingin menggunakan dana darurat, tanyakan pertanyaan kunci berikut kepada diri sendiri. Pertama, apakah hal ini bersifat darurat, mendesak, dan tidak diperkirakan sebelumnya. Kedua, apakah hal ini merupakan suatu kebutuhan. Ketiga, apakah hal ini harus segera dibayarkan. Keempat, apakah hal ini sangat penting dan berpotensi mengganggu kehidupan anda

Oleh karena itu, penguatan dana darurat menjadi prioritas terlebih di kondisi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. Apabila alokasi dana darurat sudah cukup, Anda bisa melakukan diversifikasi ke instrumen investasi yang cenderung stabil dan tidak volatil.

Salah satu investasi yang dapat dilirik dan dapat memberikan imbal hasil yang menguntungkan adalah deposito. Untungnya bulan ini PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) menawarkan program bundling deposito J Trust One, di mana nasabah berkesempatan meraih keuntungan kombo dengan menikmati bunga ganda bundling berupa bunga deposito J Trust Bank sebesar 6% per tahun dan tabungan sebesar 4,15% per tahun.

Program bundling deposito J Trust One dilaksanakan mulai 1 Juli 2021 hingga 31 Juli 2021. Nasabah lama maupun baru dapat mengikuti program deposito J Trust Bank ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada Tabungan J Trust One. Minimum dana kepesertaan adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk Tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Salah satu syarat memeroleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program bundling deposito J Trust One tersebut, dana yang disimpan pada Tabungan J Trust One akan dilakukan hold dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana program bundling deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Kepesertaan program bundling deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang. Namun, produk deposito yang telah jatuh tempo pada program ini dapat diperpanjang dengan ketentuan suku bunga standar (counter rate).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silakan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×