kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Perbedaan Beli Asuransi Online dan Lewat Agen, Pahami Kelebihan dan Kekurangannya


Selasa, 11 Juli 2023 / 16:20 WIB
Ini Perbedaan Beli Asuransi Online dan Lewat Agen, Pahami Kelebihan dan Kekurangannya
ILUSTRASI. Bagi Anda yang tidak ingin menjadi korban penipuan asuransi lebih baik mengetahui cara membeli asuransi melalui online dan agen asuransi.


Penulis: Virdita Ratriani

Asuransi Online - Asuransi adalah produk yang sebaiknya dimiliki oleh masyarakat sebagai proteksi terhadap berbagai risiko di kemudian hari. Biasanya masyarakat membeli asuransi melalui agen asuransi. 

Namun, kini asuransi juga bisa dibeli secara online. Untuk itu, bagi Anda yang tidak ingin menjadi korban penipuan asuransi lebih baik mengetahui cara membeli asuransi.

Serta mengenali kelebihan dan kekurangan mengenai membeli asuransi baik secara online maupun lewat agen. Lifepal, salah satu marketplace asuransi yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan perbedaan beli asuransi online dan memakai jasa pemasar atau agen asuransi.

Lantas, apa saja perbedaan membeli asuransi secara online maupun melalui agen asuransi? 

Baca Juga: Akuisisi Jadi Salah Satu Opsi, IFG Life: Sedang Diskusi dengan Pemegang Saham

Perbedaan beli asuransi online dan agen asuransi

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan beli asuransi secara online dan agen asuransi, berikut ini adalah pemaparan Benny Fajarai, Co-Founder dan CMO Lifepal.co.id seperti dikutip dari keterangan resmi Lifepal

1. Kelebihan membeli asuransi secara online dan agen asuransi:

Asuransi online adalah produk asuransi yang bisa diperoleh nasabah secara online. Dalam hal ini, baik asuransi dengan format konvensional yang dijual secara online, hingga polis asuransi format digital.

Menawarkan kemudahan dan kepraktisan, beli asuransi online dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun tanpa perlu datang ke kantor perusahaan asuransi atau bertemu dengan agen.

Nasabah juga dapat membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan dan memilihnya sesuai kebutuhan serta kemampuan. Tak kalah dengan asuransi online, membeli produk proteksi lewat agen asuransi memberi banyak manfaat.

Baca Juga: Musim Kawin di Asuransi Bakal Semarak

Mulai dari mendapatkan saran ahli, memperoleh dukungan dan bantuan selama proses pembelian, hingga kemudahan saat proses klaim.

Selain membantu nasabah memilih produk asuransi terbaik, agen juga kerap menjelaskan fitur dan manfaat polis asuransi yang ditawarkan.

Bahkan, pemasar asuransi yang bersertifikat perencana keuangan akan membantu mengatur keuangan nasabah, dalam hal ini untuk membayar premi asuransi.

Baca Juga: Jumlah Anggota Dewan Komisioner OJK Resmi Bertambah, Begini Kata Ekonom

2. Kekurangan membeli asuransi secara online dan agen asuransi:

Meski menawarkan banyak kelebihan, membeli asuransi online tak luput dari kekurangan. Salah satunya, tidak memberikan bantuan pendampingan saat melakukan proses klaim asuransi seperti yang dilakukan agen.

Lain halnya dengan pemasar asuransi, umumnya mereka akan membantu nasabah saat melakukan proses klaim, hingga mengisi form klaim yang dibutuhkan. Saat membeli asuransi online, maka Anda harus siap mengurus proses tersebut sendiri.

Hanya saja, agen biasanya mewakili satu perusahaan asuransi saja. Dengan begitu, nasabah tidak bisa membandingkan asuransi yang ditawarkan dengan produk lainnya.

Baca Juga: Ini Penyebab Perbankan Sulit Kejar Target Penyaluran KUR di Tahun 2023

Hal-hal penting saat beli asuransi online vs agen

Setelah memahami perbedaan beli asuransi online dan lewat bantuan tenaga pemasar, berikut ini merupakan hal-hal penting yang dilakukan saat beli asuransi online dan lewat agen.

Beli asuransi online

1. Pilih website broker atau perusahaan tepercaya

Anda dapat membeli produk asuransi di website perusahaan dengan mendatangi situs mereka. Untuk itu, pastikan website yang dimiliki perusahaan yang dituju kredibel.

Anda juga dapat membuka website broker asuransi tertentu seperti Lifepal.co.id untuk mendapatkan produk asuransi sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Baca Juga: Jaga Konsumsi Masyarakat Menjadi Kunci Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

2. Terdaftar OJK

Pastikan perusahaan asuransi online yang dipilih telah terdaftar OJK dan memiliki track record baik. Yaitu, terdaftar di Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia(AAJI) atau memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk asuransi syariah.

3. Tentukan produk dan bandingkan

Untuk mendapat produk proteksi terbaik, Anda dapat membandingkan produk satu dengan lainnya di website asuransi online. Selain memilih sesuai kebutuhan, Anda juga bisa mempertimbangkan premi sesuai kemampuan.

4. Perhatikan detail manfaat dan pertanggungan

Pastikan Anda memahami manfaat dan pertanggungan asuransi online secara detail. Caranya, baca seksama setiap deskripsi produk di website broker atau perusahaan, termasuk bila ada lampiran syarat dan ketentuan.

5. Aktif bertanya pada penyedia asuransi

Saat tertarik membeli asuransi online, pahami betul produk yang dituju dengan aktif bertanya pada customer service atau agen broker asuransi.

Baca Juga: Negara Mana Saja yang Bebas Visa Indonesia? Ini Daftarnya!

Beli asuransi lewat agen asuransi

1. Pahami tanggung jawab agen

Pemasar asuransi menjembatani nasabah dan perusahaan asuransi. Lewat bantuan agen, Anda dapat memiliki produk proteksi sesuai kebutuhan hingga dibantu proses klaim.

2. Terbuka mengenai kemampuan finansial Anda

Agar mendapatkan produk proteksi sesuai kebutuhan, maka terbukalah mengenai kondisi finansoal Anda dengan agen. Anda dapat meminta rekomendasi produk dengan premi sesuai kemampuan keuangan.

Baca Juga: OJK Siapkan Beleid Asuransi Kredit, Ketentuan Apa yang Baru?

3. Terbuka tentang kondisi kesehatan Anda

Terbukalah mengenai kondisi medis saat ini kepada pemasar asuransi untuk memudahkan proses klaim.

4. Anda dapat lebih kritis pada produk yang ditawarkan

Minta penjelasan detail tentang manfaat pertanggungan yang diberikan produk asuransi, berapa lama jangka waktu perlindungan, hingga proses klaim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×