kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,15   -9,67   -1.07%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Persiapan 3 Bank Besar Menjelang Idul Fitri 2023


Senin, 03 April 2023 / 08:45 WIB
Ini Persiapan 3 Bank Besar Menjelang Idul Fitri 2023
ILUSTRASI. Pada periode Ramadhan dan Lebaran 2023, bank-bank besar nasional meningkatkan alokasi uang tunai dibanding ANTARA FOTO/Galih Pradipta


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada periode Ramadhan dan Lebaran 2023, bank-bank besar nasional meningkatkan alokasi uang tunai dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Peningkatan tersebut selaras dengan tingkat konsumsi masyarakat yang terus tumbuh. 

Berikut persiapan tiga bank besar di Indonesia menjelang Idul Fitri 2023:

1. Bank Mandiri

Sebagai bank nasional dengan aset terbesar, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sekitar Rp 49,6 triliun pada periode 29 Maret - 26 April 2023. Alokasi ini meningkat sekitar 7,9 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, inisiatif tersebut sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadhan dan Idul Fitri secara nyaman pasca keputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial. 

Adapun sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp 16,5 triliun per hari selama periode tersebut. 

Baca Juga: Bank Mandiri Proyeksi Inflasi Maret 2023 Capai 0,29%

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” kata Rudi dalam keterangan resminya, dikutip Senin (3/4/2023). 

Selain mesin ATM, Rudi menambah, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri. 

“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” tuturnya. 

Baca Juga: Simpan Uang Rp 37 Miliar di Safe Deposit Box, Ternyata Ini Alasan Rafael Alun




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×