CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   -35.000   -2,31%
  • USD/IDR 15.800   -121,00   -0,77%
  • IDX 7.322   55,53   0,76%
  • KOMPAS100 1.120   5,81   0,52%
  • LQ45 885   5,41   0,62%
  • ISSI 222   1,93   0,88%
  • IDX30 453   1,57   0,35%
  • IDXHIDIV20 545   1,27   0,23%
  • IDX80 128   0,70   0,54%
  • IDXV30 137   1,60   1,18%
  • IDXQ30 151   0,42   0,28%

Ini strategi perbankan mendobrak kredit konsumsi tahun depan


Jumat, 27 Desember 2019 / 18:16 WIB
Ini strategi perbankan mendobrak kredit konsumsi tahun depan
ILUSTRASI. Nasabah bertransaksi di Bank CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (2/1). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan kredit perbankan mencapai 12,45% sepanjang 2018. Angka ini lebih besar dibandingkan pencapaian tahun lalu yang hanya berkisar 8%. KONTAN/Carolu


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran kredit konsumsi mengalami perlambatan pertumbuhan tahun ini sejalan dengan melambatnya kredit secara industri. Namun, perbankan optimis segmen konsumer akan tumbuh lebih baik pada tahun 2020.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), kredit konsumer per Oktober 2019 hanya tumbuh 6,5% year on year (YoY) menjadi Rp 1.589,1 triliun. Capaian itu melambat dari bulan sebelumnya yang tumbuh 6,9% dan dari periode yang sama tahun 2018 yang masih tumbuh 11,4%.

Baca Juga: Bunga deposito tertinggi 6,6%, bunga deposito BRI 5,8%, BCA 4,6%, Mandiri 5,3%

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya melihat prospek kredit konsumer di tahun depan masih positif. Oleh karena itu, bank swasta BUKU IV ini menargetkan kredit konsumer tumbuh dua digit tahun 2020.

Prospek yang masih akan tumbuh bagus tahun depan di segmen konsumer menurut bank ini adalah penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). "KPR kami targetkan tahun 2020 coba tumbuh 15%," kata Mortgage & Indirect Auto Business Head CIMB Niaga Heintje Mogi pada Kontan.co.id, Jumat (27/12).

Hingga akhir tahun, CIMB menargetkan KPR bisa mencapai Rp 33,8 triliun dan tahun depan diharapkan mencapai Rp 39 triliun.

Baca Juga: Libur Nataru, Nasabah Bisa Melakukan Transaksi Perbankan di Cabang Digital

Heintje bilang, untuk mencapai target itu, perseroan akan terus perkuat proses bisnis, meluncurkan program baru extra pricing dengan bekerjasama dengan 100 pengembang dalam rangka menyambut HUT CIMB yang ke 65.Selain itu, CIMB juga akan meningkatkan cross seling sehingga memberi nilai tambah bagi nasabah.


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×