kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor asing ramai-ramai tambah modal di perbankan Tanah Air


Selasa, 14 Juli 2020 / 20:03 WIB
Investor asing ramai-ramai tambah modal di perbankan Tanah Air
ILUSTRASI. Kantor cabang utama Bank Mayapada, di Mayapada Tower, Sudirman, Jakarta (2/11/2016). Minat investor asing untuk mencaplok pasar perbankan di Tanah Air semakin ramai. KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat investor asing untuk mencaplok pasar perbankan di Tanah Air semakin ramai. Misalnya, rencana KB Kookmin Bank untuk menjadi pemegang saham pengendali (PSP) di Bank Bukopin. 

Hal ini ditandai dengan diumumkannya prospektus Penawaran Umum Terbatas (PUT) V Bukopin dengan Kookmin bertindak sebagai pembeli siaga. Lewat aksi korporasi ini, Bukopin akan menerbitkan 4,66 miliar saham baru dengan harga Rp 180 per saham. 

Baca Juga: Pemprov Banten pangkas target setoran modal ke Bank Banten, ternyata ini alasannya

Dengan asumsi seluruh HMETD terserap, maka perseroan akan memperoleh dana segar sebesar Rp 838,93 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis perusahaan. 

Pada prospektus yang dikeluarkan, Selasa (14/7) ini dikatakan bahwa penetapan investor asal Korea Selatan tersebut sebagai pembeli siaga memang merupakan tahapan untuk pengambilalihan saham Bukopin. Rencananya, KB Kookmin memang akan mengambilalih porsi kepemilikan saham di Bank Bukopin sampai dengan 67% seluruh saham yang diterbitkan secara bertahap melalui serangkaian transaksi. 

"PUT V merupakan salah satu dari serangkaian transaksi pengambilalihan perseroan," tulis prospektus tersebut kata manajemen. 

Nah, setelah PUT V rampung bank bersandi saham BBKP ini juga akan melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 25 Agustus 2020. Antara lain untuk meminta restu pemegang saham terkait rencana Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD). 

Baca Juga: Masuk kelompok BUKU III, bagaimana prospek BTPN Syariah (BTPS)?

Dalam aksi korporasi ini, Perseroan berencana akan menerbitkan saham baru tanpa HMETD dengan estimasi jumlah sebanyak-banyaknya 22,24 miliar saham kelas B dengan nilai nominal Rp 100 per saham yang merupakan 57,7% dari modal yang ditempatkan dan modal yang disetor Perseroan setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT V) dan PMTHMETD.

“KB Kookmin Bank merupakan calon pemodal dan telah bersedia untuk menjadi pengambil bagian tunggal dalam PMTHMETD,” jelas Rivan A. Purwantono, Direktur Utama Bank Bukopin dalam keterangan resminya, Selasa (14/7). 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×