kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,96   -1,37   -0.15%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JCB kian agresif garap pasar kartu kredit


Kamis, 14 Mei 2015 / 08:32 WIB
JCB kian agresif garap pasar kartu kredit
ILUSTRASI. Ini jadwal KRL Solo-Jogja khusus hari ini, Jumat, 1 Desember 2023


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

TOKYO. Populasi 240 jiwa penduduk Indonesia menjadi potensi pasar sangat besar bagi perusahaan penerbit kartu kredit Jepang. Mereka semakin agresif memasuki pasar Indonesia karena sampai saat ini dari total populasi baru 93 juta kartu kredit yang beredar.

Wakil President JCB Co.Ltd, Kimihisa Imada, kepada Tribunnews.com, Rabu (13/5), mengatakan JCB siap bersaing ketat dengan penerbit Kartu Visa. Ia menilai transaksi ekonomi warga Indonesia sudah banyak menggunakan kartu kredit.

"Di Jakarta sudah ramai sekali yang belanja (menggunakan kartu kredit) dibandingkan saat saya ke Vietnam misalnya. Jadi Indonesia memang pasar potensial buat kartu kredit saat ini," ujar Imada.

Ia menambahkan, JCB memiliki kelebihan dibanding penerbit kartu kredit negara lain, karena memiliki brand, citra terbaik yang ditawarkan dan dapat dipakai dengan mudah di seluruh negara.

"Kita sangat selektif dalam mencari rekanan bank, penerbit kartu yang ada di mana pun sehingga kualitas kartu kredit kami terjamin dengan baik di mana pun," sambung Imada.

Setelah penerbitan kartu JCB semakin banyak di Indonesia, JCB berencana membuka kantor cabang di beberapa kota besar di Indonesia seperti di Surabaya dan Medan, tak terkecuali Bali yang menjadi tujuan wisatawan Jepang.

Kerja sama JCB dengan Indonesia kali pertama pada 1983 dan baru membuka kantor pada 1994. Pada 2011 baru mendirikan Perusahaan PT JCB International Indonesia.

"Dalam kurun dua tahun terakhir ini pertumbuhan sangat pesat karena penerbitan Kartu JCB dilakukan kerjasama dengan tiga bank besar di Indonesia yaitu BII, BNI dan CIMB," lanjutnya.

Tahun lalu, penerbitan Kartu JCB mencapai 10.000 kartu tapi kini 10 kali lipat atau mencapai sekitar 100.000 kartu. JCB merencanakan penerbitan kartu kredit tahun depan mencapai 500.000 kartu.

Saat ini JCB telah melakukan kerja sama dengan sekitar 500 toko yang ada di Indonesia. Imada berharap JCB dapat lebih banyak lagi bekerjasama dengan perusahaan dan toko di kemudian hari.

Perekonomian Indonesia yang semakin baik saat ini membuat transaksi penggunaan kartu kredit JCB di Indonesia sedikitnya mencapai Rp 150 miliar per bulan. Selanjutnya, JCB bakal bekerjasama dengan bank besar lain termasuk BCA. (Koresponden Tribunnews Richard Susilo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×