Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) siap memfasilitasi transaksi pembayaran menggunakan dompet digital WeChat Pay pada merchant-merchant mitra di Indonesia. Hal ini menyusul telah terbitnya izin dari Bank Indonesia (BI) kepada perseroan sebagai bank pertama di tanah air yang dapat menerima transaksi pembayaran digital dari WeChat Pay.
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, CIMB Niaga bekerjasama dengan TenPay selaku pemilik aplikasi dompet digital WeChat Pay dan PT Arash Digital Rekadana (Jakarta) & Swiftpass Global Limited (Shenzhen) sebagai system integrator dan technical service provider.
Implementasi kerjasama tersebut semakin melengkapi layanan pembayaran digital yang disediakan oleh CIMB Niaga.
“Di tengah keterbatasan dalam kondisi pandemi Covid-19, kami tetap fokus untuk mengembangkan dan mempersiapkan layanan WeChat Pay. Kami terus melakukan sosialisasi kepada merchant CIMB Niaga serta menambah merchant baru, sehingga pada saat situasi sudah kondusif, semakin banyak mitra Perusahaan yang telah siap dan dapat menerima cara pembayaran baru ini,” kata Lani dalam keterangan resminya, Selasa (29/9).
Baca Juga: Perkuat digitalisasi, CIMB Niaga optimalisasi pengembangan API
Menurut Lani, sejalan dengan regulasi BI, implementasi transaksi WeChat Pay di merchant-merchant CIMB Niaga dilakukan dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada alat penerima transaksi pembayaran CIMB Niaga, seperti mesin electronic data capture (EDC) CIMB Niaga, Static QR, maupun aplikasi yang diunduh di perangkat merchant. Transaksi tersebut dilakukan dalam mata uang Rupiah sesuai jumlah yang telah disepakati pengguna dengan merchant.
Seperti diketahui, aplikasi dompet digital WeChat Pay hanya dapat dimiliki oleh pengguna dari China dengan sumber dana dari rekening kartu debit dan kartu kredit yang diterbitkan di China.
Lani menyatakan, implementasi kerja sama pembayaran digital WeChat Pay merupakan salah satu upaya untuk memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank digital terdepan di Indonesia. CIMB Niaga ingin memberikan layanan fitur yang lengkap bagi mitra merchant CIMB Niaga sehingga dapat menerima pembayaran digital yang lebih luas lagi.
WeChat Pay dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan tanpa harus menukarkan uang tunai dalam bentuk rupiah.
“Kami berharap inisiatif ini dapat mendukung pengembangan industri pariwisata, sekaligus berkontribusi memberikan devisa bagi Indonesia. Kami terus memperluas mitra merchant di berbagai daerah wisata, seperti Bali, Lombok, Manado, Jakarta, dan sejumlah bandara internasional,” tutup Lani.
Selanjutnya: Pertempuran di era digital, perusahaan konvensional dan start up harus bekerja sama
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News