kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.007.000 -0,40%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat digitalisasi, CIMB Niaga optimalisasi pengembangan API


Rabu, 23 September 2020 / 22:05 WIB
Perkuat digitalisasi, CIMB Niaga optimalisasi pengembangan API
ILUSTRASI. Nasabah Bank CIMB Niaga gunakan fitur QRIS

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan aplikasi berbasis digital saat ini dinilai telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, karena dapat mempermudah dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, serta memesan makanan ataupun transportasi.

Bahkan kini hampir semua prosesnya dapat dilakukan secara praktis tanpa perlu keluar dari aplikasi yang digunakan, termasuk pembayaran yang melibatkan perbankan.

Kemudahan itu dimungkinkan karena aplikasi tersebut telah mengadopsi produk dan layanan pembayaran milik perbankan ke dalam sistemnya melalui Application Programming Interface (API).

Baca Juga: CIMB Niaga telah kembangkan API guna perkuat digitalisasi perbankan

Seperti diketahui, API merupakan platform open banking yang dapat memfasilitasi mitra bisnis, antara lain e-commerce, financial technology (fintech), start-up, dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk serta layanan Bank ke dalam platform digitalnya.

Keberadaan API kian penting termasuk bagi industri perbankan, salah satunya PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), karena diyakini dapat membuka akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui platform digital mitra.

Bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini secara aktif mengembangkan CIMB Niaga API untuk memperkuat transformasi dan digitalisasi yang terus dilakukan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan nasabah untuk bertransaksi dari berbagai channel, termasuk dari aplikasi yang biasa dipakai.

Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan mengatakan, sejalan dengan aspirasi menjadi perbankan digital terdepan di Indonesia, CIMB Niaga senantiasa adaptif dan agile terhadap perubahan ekosistem digital.

Karena itu, CIMB Niaga membuka ruang kolaborasi kepada perusahaan-perusahaan e-commerce, fintech, maupun start-up melalui platform CIMB Niaga API agar dapat mencapai tujuan bersama, yaitu memberikan layanan yang maksimal untuk masing-masing customer.

“Pengembangan API memberi peluang yang lebih besar untuk memperluas akses masyarakat terhadap layanan perbankan. Dengan terus bertambahnya mitra yang bekerjasama untuk menggunakan CIMB Niaga API, nasabah akan diuntungkan karena menjadi lebih leluasa dan memiliki banyak pilihan dalam mengakses produk dan layanan kami, termasuk dari aplikasi lain,” kata Anton dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (23/9).

Anton menjelaskan, salah satu produk CIMB Niaga yang memanfaatkan keunggulan API yaitu OCTO Cash. Inovasi ini memungkinkan nasabah untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman cukup dari satu aplikasi e-commerce yang telah bermitra dengan CIMB Niaga.

Meskipun melakukan pembayaran dari aplikasi non-bank, nasabah tidak perlu khawatir karena penggunaan API memungkinkan terjaganya keamanan transaksi. OCTO Cash semakin melengkapi channel pembayaran digital Perseroan yang sudah tersedia, seperti OCTO Mobile dan OCTO Clicks.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×