kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KB Kookmin Bank bakal selesaikan NPL masa lalu KB Bukopin


Senin, 07 Juni 2021 / 18:22 WIB
KB Kookmin Bank bakal selesaikan NPL masa lalu KB Bukopin
ILUSTRASI. KB Kookmin Bank bakal menuntaskan kredit macet (NPL) masa lalu KB Bukopin.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. KB Kookmin Bank berkomitmen menyelesaikan kredit bermasalah yang dimiliki PT Bank KB Kookmin Tbk (BBKP). Sebagai pemegang saham pengendali KB Bukopin, KB Kookmin telah menempuh serangkaian upaya menekan non performing loan (NPL) KB Bukopin.

“Mungkin masih ada permasalahan NPL yang dari masa lalu, yang terus menerus yang kami bicarakan bersama OJK dan KB Kookmin pusat untuk bisa membangkitkan praktik perbankan yang terbaik untuk KB Bukopin dan masyarakat Indonesia sehingga permasalahan NPL bisa diselesaikan,” ujar Managing Director Global Business KB Kookmin Bank Cho Nam Hoon di Jakarta pada Senin (7/6).

Tidak hanya berhenti pada penambahan modal, KB Kookmin akan berpartisipasi secara aktif mendorong normalisasi KB Bukopin. Ia memberikan contoh fokus pada peningkatan permodalan KB Bukopin.

Baca Juga: Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank bakal serap rights issue Bukopin

Dari sisi sumber daya manusia, KB Kookmin Bank sudah mengirimkan 30 orang, dalam hal IT kita punya infrastruktur IT yang kuat. Juga tengah terjadi proses transfer knowledge dan akan diterapkan di KB Bukopin.

Hingga Maret 2021, NPL gross KB Bukopin secara individu berada di level 9,63%. Kendati demikian, Presiden Direktur KB Bukopin Rivan A Purwantono menyatakan, penyaluran kredit akan dilakukan berbasiskan manajemen risiko yang lebih baik.

Per 30 Mei 2021, saham Bank Bukopin dimiliki KB Kookmin Bank 67%. PT Bosowa Corporindo 9,7%, Negara Republik Indonesia 3,18% (Sedang dalam proses pengalihan nama menjadi PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA)) dan masyarakat mencapai 20,12%.

Selanjutnya: Berdamai soal KB Bukopin, KB Kookmin Bank dan Bosowa saling cabut tuntutan hukum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×