kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Keamanan sistem layanan mobile banking siap hadapi lonjakan transaksi


Senin, 23 Maret 2020 / 19:57 WIB
Keamanan sistem layanan mobile banking siap hadapi lonjakan transaksi
ILUSTRASI. Model membuka fitur-fitur yang ada dalam layanan The New Go Mobile dari Bank CIMB Niaga.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi perbankan lewat layanan digital semakin meningkat di tengah penyebaran virus corona (Covid-19), terutama transaksi mobile banking. Pemerintah sudah menghimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas dari rumah baik bekeja maupun belajar guna menekan penyebaran virus yang kian mengganas.

Perbankan memastikan keamanan sistem layanan mobile banking mereka sudah siap menghadapi lonjakan transaksi termasuk di saat banyak nasabah melakukan transaksi dalam waktu bersamaan.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memastikan keamanan sistem mobile banking cukup siap dalam menghadapi lonjakan transaksi di tengah himbauan untuk bekerja dari rumah.

Baca Juga: Hadapi lonjakan transaksi, BNI pastikan keamanan sistem layanan mobile banking

Transaksi layanan mobile banking BNI tercatat mengalami lonjakan cukup tinggi. Pada minggu ketiga bulan Maret di saat himbauan bekerja dari rumah mulai diberlakukan berbagai perusahaan, jumlah transaksi mobile banking bank pelat merah ini melonjak 52% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Dari sisi nomial transaksinya juga meningkat 62%.

Secara total, sepanjang Januari hingga minggu ketiga Maret ini, transaksi mobile banking BNI tumbuh 65% dibandingkan kuartal I-2019. Nominal transaksinya juga tercatat meningkat sebesar 64% secara year on year (yoy).

"Kami selalu melakukan meningkatkan dan menjaga IT security lebih baik dari waktu ke waktu sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi nasabah melakukan transaksi di mobile banking dan juga semua channel pembayaran BNI," kata VP E-channel PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Fajar Kusuma Nugraha kepada Kontan.co.id, Senin (23/3).

Hingga penghujung tahun, BNI menargetkan transaksi mobile banking terus melesat hingga 78,9% dari tahun 2019. Demi mendukung mobilitas nasabah yang padat, bank ini fokus untuk memberikan kemudahan dalam menggunakan BNI Mobile Banking.

Fajar mengungkapkan, tahun 2020 ini, BNI Mobile Banking akan meluncurkan layanan tanpa kartu (cardless) untuk transaksi tunai di ATM dan CRM, baik untuk penarikan tunai, maupun penyetoran tunai.

Baca Juga: Strategi BCA menghadapi penyebaran virus corona

Hal senada juga disampaikan Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB Niaga. Menurutnya, sistem keamanan layanan mobile banking dan juga internet banking bank swasta itu sudah siap dalam menghadapi lonjakan transaksi.

"Layanan Gomobile dan juga internet banking clicks juga sudah cukup lengkap untuk bertransaksi dari rumah. Seharusnya itu cukup untuk mendukung usaha pemerintah mendorong orang bekerja dari rumah dan melakukan social distancing," kata Lani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×