kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

*Kena skimming, BRI akan mengganti dana nasabahnya yang raib (Disertai Hak Jawab BRI)


Kamis, 05 September 2019 / 15:15 WIB
*Kena skimming, BRI akan mengganti dana nasabahnya yang raib (Disertai Hak Jawab BRI)
ILUSTRASI. Nasabah menggunakan ATM Bank BRI


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) bertanggungjawab penuh terkait kasus yang menimpa pengguna Twitter @adtynnr yang berkicau pada Rabu (4/9) tentang duit simpanannya di BRI yang hilang senilai Rp 80 juta.

Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi BRI Indra Utoyo menjelaskan nasabah raibnya duit nasabah tersebut terjadi akibat skimming.

“Kalau terhadap nasabah terkait korban skimming ini sudah kami tindaklanjuti. Prinsipnya untuk korban skimming, BRI akan mengganti uang nasabah,” katanya kepada Kontan.co.id, Kamis (5/9).

Baca Juga: Waduh, duit nasabah BRI raib Rp 80 juta, begini kronologinya

Sementara Corporate Secretary BRI Hari Purnomo menjelaskan BRI segera menyelesaikan kasus tersebut.

“Maksimal lima hari untuk kasus tersebut, hari ini (investigasinya) bisa selesai,” katanya kepada Kontan.co.id.

Sebelumnya, @adtynnr mengaku kehilangan duitnya di rekening BRI secara bertahap sejak 28 Agustus 2019 hingga 2 September 2019. Pada periode tersebut, dana di rekeningnya ditarik sebanyak 28 kali dengan nilai per penarikan Rp 2,5 juta.

“Oke di sini saldo terakhirku ada Rp 109 juta, dan pas tanggal 2 September nge-print saldoku tersisa Rp 39 juta. Dimulai dari tanggal 28 Agustus 2019-2 September 2019 saldoku terkuras hingga Rp 70 juta,” cuitnya.

Baca Juga: Porsi penyaluran KUR Bank Mandiri dan BRI ke sektor produksi belum mencapai 60%

Duit tersebut diketahui ditarik oleh oknum di Denpasar, Bali pada pukul 2 pagi hingga 5 pagi. Mengetahui hal ini, ia kemudian melapor ke Kantor Cabang BRI Pekayon, Bekasi dan meminta rekeningnya diblokir pada 2 September 2019.

Sayangnya, ketika ia kembali pada 3 September 2019 untuk bertemu kepala cabang, ia justru mendapati duitnya kembali raib. Kali ini nilainya langsung hilang Rp 10 juta. Total ia kehilangan dana senilai Rp 80 juta.

*Terkait berita ini, Bank BRI memberi hak jawab. BRI sudah menyelesaikan permasalahan ini dan sudah mengganti uang nasabah bersangkutan yang hilang.

Berikut penjelasan selengkapnya dari BRI:

Terkait dengan informasi yang beredar melalui media sosial mengenai hilangnya sejumlah dana di rekening nasabah Bank BRI, maka dapat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Bank BRI telah melakukan investigasi mengenai kejadian tersebut.

2. Bank BRI bertanggung jawab dengan mengganti uang kepada nasabah yang terindikasi terkena tindak kejahatan perbankan.

3. Bank BRI selalu  menghimbau kepada seluruh nasabah untuk senantiasa menjaga kerahasiaan dan melakukan penggantian PIN secara berkala untuk kenyamanan bertransaksi.

Hari Purnomo

Corporate Secretary Bank BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×