kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kesadaran masih rendah, Akrindo gencar melakukan literasi asuransi


Jumat, 18 Oktober 2019 / 18:45 WIB
Kesadaran masih rendah, Akrindo gencar melakukan literasi asuransi
Tim Askrindo melakukan literasi asuransi kepada siswa-siswi di SMAN 1 Gorontalo, Jumat (18/10/2019)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero/Askrindo) menyelenggarakan kegiatan literasi asuransi di lima kota di Indonesia yakni Mataram, Ternate, Tarakan, Gorontalo dan Kupang. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi.

Mengacu pada survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016, indeks tingkat literasi asuransi turun menjadi 15,8% dibandingkan 2013 yang mencapai 17,84%. Padahal tingkat utilitas asuransi pada 2016 mencapai 12,08% menjadi 12,08% dibandingkan 2013 yang di 11,81%. Hal inilah juga yang mendorong perusaan pelat merah ini gencar melakukan literasi asuransi.

Baca Juga: Permodalan Nasional Madani (PNM) akhirnya memiliki unit usaha syariah

Sekretaris Perusahaan Askrindo Denny S. Adji mengatakan, selaku BUMN dan lembaga keuangan yang bergerak di bidang perasuransian, merek turut wajib mensosialisasikan apa itu asuransi dan pentingnya berasuransi.

"Dalam rangka hari asuransi tahun ini, kami menyelenggarakan program literasi asuransi di daerah yang relatif angka literasi asuransinya masih sangat rendah yakni, Mataram, Ternate, Tarakan, Gorontalo dan Kupang," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (18/10).

Kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan, diikuti  oleh 535 orang siswa dengan rata-rata jumlah peserta di tiap daerah sebanyak 107 siswa. 

Dalam kegiatan literasi yang diselenggarakan, Askrindo membahas tentang hal mendasar mengapa perlu adanya asuransi dan pentingnya berasuransi, yaitu hubungan antara risiko dan asuransi.

Selain itu, dijelaskan juga jenis-jenis asuransi dan manfaatnya.

"Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa asuransi itu hanya ada asuransi kesehatan saja, padahal masih banyak produk produk yang dapat melindungi mereka dari risiko yang hadir dalam kegiatan sehari-hari, seperti asuransi kecelakaan diri atau asuransi perjalanan yang merupakan salah satu produk dari Askrindo, atau asuransi pendidikan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi lain," ujar Denny.

Baca Juga: Askrindo mendukung pengembangan dunia pendidikan lewat mobil pintar

Tidak hanya dalam rangka memperingati Hari Asuransi kali ini saja, Askrindo telah melakukan literasi asuransi dalam beberapa kesempatan, diantaranya dalam program CSR lingkungan yang dilaksanakan rutin tiap bulan.

Dalam program Askrindo Peduli Sungai Ciliwung, Askrindo menggagas salah satu program, yaitu literasi bersih sungai. Tidak jarang pada kesempatan tersebut Askrindo membahas risiko degradasi lingkungan dan kaitannya dengan pentingnya berasuransi.

Sama halnya ketika program Siswa Mengenal Nusantara, Askrindo tidak luput meliterasi siswa-siswa pertukaran pelajar tentang wawasan dan pentingnya berasuransi.

“Kami sadar tentang stereotip masyarakat terhadap asuransi, seperti klaim yang sulit, iuran yang mahal dan lain sebagainya. Namun kami terus berupaya melakukan pendekatan yang lebih halus melalui program-program kami yang lain, seperti penetrasi melalui kegiatan CSR maupun program kegiatan dari pemerintah dengan harapan nantinya secara perlahan masyarakat akan sadar betapa pentingnya berasuransi,” tambah Denny.

Baca Juga: Mantan Dirut BRI Asmawi Syam beberkan kisahnya saat menjadi seorang bankir

Guna menjawab tantangan digitalisasi serta masuk kedalam era millenial, Askrindo terus melakukan penetrasi secara digital, salah satunya dengan adanya aplikasi digiAsk yang bertujuan  memudahkan masyarakat membeli serta menambah wawasan tentang pentingnya berasuransi.

"Tidak hanya pada saat momen hari asuransi saja, selain menggelar acara literasi seperti ini, kami juga secara rutin melakukan literasi melalui website, aplikasi digiAsk, dan sosial media yang kami miliki. Dengan begitu kita dapat membantu pemerintah meningkatkan angka pemahaman asuransi kepada masyarakat luas," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×