kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keunggulan dan kekurangan mengajukan pinjaman tanpa agunan di perbankan


Selasa, 04 Mei 2021 / 22:01 WIB
Keunggulan dan kekurangan mengajukan pinjaman tanpa agunan di perbankan


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring meningkatnya kebutuhan, orang-orang mencari cara untuk mencukupinya, salah satunya dengan mengajukan pinjaman tanpa agunan. Setiap bank memiliki program pinjaman ini dengan berbagai keunggulannya.

Sebagai gambaran, Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah produk pinjaman yang diberikan oleh bank tanpa mengharuskan calon peminjam memberikan jaminan berupa harta atau aset seperti layaknya pinjaman bank lain.

Dengan begitu, calon peminjam bisa mendapatkan dana pinjaman yang dibutuhkan tanpa perlu menyerahkan sertifikat rumah, BPKP, dan lain sebagainya sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman.

Calon peminjam hanya perlu memenuhi persyaratan yang ditunjukkan dengan melampirkan dokumen-dokumen terkait, seperti identitas diri dan bukti penghasilan.

Baca Juga: Waspada pencurian data KTP buat pinjaman online, ini cara melindunginya

Seperti PT Bank Central Asia Tbk yang menawarkan BCA Personal Loan yang merupakan pinjaman tanpa agunan yang dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan nasabah, di mana pembayarannya dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar nasabah.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn mengungkapkan, per Maret 2021, perseroan mencatatkan personal loan sebesar Rp 7 Miliar.

"Kami mencermati bahwa di tengah tantangan pandemi yang dinamis saat ini, permintaan kredit masih dalam tahap pemulihan," kata Hera kepada kontan.co.id, Selasa (4/5).

BCA menawarkan biaya provisi 1% dari pinjaman yang disetujui atau minimum Rp100.000 dengan biaya pelunasan Rp 200.000 yang baru dapat dilakukan bila telah melakukan 6 kali pembayaran angsuran, dan denda keterlambatan 0,28% per hari dari angsuran.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×