kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Khazanah melepas 3,45% saham CIMB Group Holdings


Rabu, 17 Juli 2019 / 12:25 WIB
Khazanah melepas 3,45% saham CIMB Group Holdings

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Khazanah Nasional Bhd telah melepas kepemilikan 335,70 juta saham di CIMB Group Holdings. Ini setara dengan 3,45% saham perusahaan dengan nilai kisaran RM 1,75 miliar.

Mengutip Harian Malaysia Financial Daily, Rabu (17/7) aksi terungkap dari publikasi yang dilakukan CIMB Group. Sayangnya CIMB tak menyebut siapa yang mengesekusi saham tersebut. Sedangkan estimasi nilai RM 1,75 dikalkulasikan dari harga saham CIMB pada penutupan perdagangan Jumat lalu senilai RM 5.20 per saham.


Aksi yang dilakukan Khazanah pada Jumat lalu ini pula membuat Khazanah kini tinggal mengempit 23,54% saham CIMB Group. Meski demikian lembaga sovereign wealth fund milik pemerintah Malaysia masih menjadi pemegang saham terbesar di bank terbesar kedua di Negeri Jiran.

Sebelumnya, UOB Kay Hian Malaysian Research melaporkan Khazanah juga berencana menerbitkan exchangeable bond di CIMB guna menghimpun dana hingga US$ 500 juta. Dalam prospektusnya disebutkan, obligasi yang punya tenor hingga 2024 ini dapat dikonversikan ke saham biasa.

Dalam laporannya, dengan asumsi rasio pengonversian obligasi tersebut adalah 1:1, kepemilikan saham Khazanah di CIMB Group juga berpotensi tergerus hingga 4%. Sementara penerbitan obligasi ini bertujuan untuk refinancing kredit guna memenuhi kebutuhan modal kerja CIMB Group.

Sedangkan dalam wawancara dengan Mingguan The Edge Malaysia pada Februari lalu, Direktur Utama Khazanah Datuk Shahril Ridza Ridzuan bilang portofolio Khazanah akan dikembangkan dengan porsi 70% untuk aset komersial guna memenuhi target jangka panjang, sedangkan sisa 30% sebagai portofolio strategis guna mendukung kebijakan pembangunan Malaysia.

Portofolio Khazanah di CIMB Group dikategorikan sebagai aset komersial, dimana Khazanah dapat mengeruk cuan kapanpun CIMB Group dapat cuan. Selasa (16/7) saham CIMB Group ditutup melemah 0,39% pada harga RM 5.16 dengan kapitalisasi pasar senilai RM 50,19 miliar

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×