kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

CIMB Niaga gandeng Liquid Group luncurkan layanan transaksi non tunai di Singapura


Rabu, 26 Juni 2019 / 18:57 WIB

CIMB Niaga gandeng Liquid Group luncurkan layanan transaksi non tunai di Singapura

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA, anggota indeks Kompas100) dan Liquid Group mengumumkan kemitraan strategis untuk mempelopori penerimaan pembayaran quick response (QR) lintas negara antara Indonesia dan Singapura.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (26/6), untuk layanan yang rencananya diluncurkan kuartal III 2019 itu, CIMB Niaga dan Liquid Group dapat memfasilitasi penerimaan pembayaran dari aplikasi Go Mobile atau aplikasi dompet digital (e-wallet) lainnya yang telah memenuhi persyaratan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) di Bandara Changi Singapura. Hal ini dilakukan melalui platform pembayaran QR serta infrastruktur pemasaran terintegrasi milik Liquid Group yang telah diluncurkan pada April tahun ini.


CIMB Niaga dan Liquid Group telah menyelesaikan proses Proof of Concept (POC) dengan diterimanya aplikasi Go Mobile dan aplikasi digital lain yang telah menggunakan standar QRIS di beberapa merchant milik Liquid Group di Bandara Changi Singapura. Dengan integrasi kode QRIS Bank Indonesia ke dalam alatpembayaran Liquid Group, para traveller dari Indonesia akan dapat menggunakan aplikasi pembayaran lokal pilihan mereka untuk melakukan pembelian dalam mata uang domestik (Rupiah) di Bandara Changi Singapura.

Selain itu, CIMB Niaga dan Liquid Group juga berencana membuka jalan bagi penerimaan pembayaran QR untuk koridor Singapura – Indonesia, sehingga memungkinkan pengunjung dari Singapura untuk dapat bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran dan dompet digital yang mereka miliki di sejumlah merchant rekanan CIMB Niaga di Indonesia.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, CIMB Niaga merupakan bank pertama di Indonesia yang diberikan kesempatan Bank Indonesia (BI) untuk melakukan uji coba pembayaran QRIS lintas negara.

Menurutnya, layanan ini menjadi solusi karena tidak semua nasabah yang bepergian ke luar negeri memiliki kartu kredit atau membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. "Kami melihat layanan pembayaran melalui QRIS lintas negara memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan seiring banyaknya masyarakat yang bepergian ke luar negeri,” terangnya.

Lani menambahkan, dengan menggunakan aplikasi Go Mobile, nasabah dapat menikmati nilai tukar yang menarik dan kompetitif, serta dapat memilih alternatif sumber dana untuk transaksi QRIS yang tersedia pada Go Mobile, yaitu dari rekening tabungan, rekening ponsel atau kartu kredit.

Chief Executive Officer Liquid Group Jeremy Tan mengatakan, layanin ini bakal mempercepat implementasi pembayaran QR lintas negara sebagai misi utama perusahaan.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×