kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kian tumbuh, BCA optimistis tren kinerja positif akan berlanjut


Rabu, 08 September 2021 / 17:05 WIB
Kian tumbuh, BCA optimistis tren kinerja positif akan berlanjut
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di?kantor cabang BCA./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/25/05/2021.


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang semester I 2021, PT Bank Central Asia Tbk membukukan kenaikan laba bersih sebesar 18,1% YoY menjadi Rp 14,5 triliun. Pencapaian tersebut didukung oleh pemulihan nilai bisnis dan frekuensi transaksi nasabah pada enam bulan pertama tahun ini, sejalan dengan membaiknya aktivitas perekonomian. 

Pada posisi Juni 2021, kredit tumbuh 0,8% secara year to date (YtD), ditopang oleh segmen korporasi dan KPR yang naik masing-masing 2,1% dan 3,8%. Sementara itu, kredit komersial dan UKM mulai mengalami perbaikan pada triwulan II 2021 secara quarter on quarter (QoQ).

Kredit terkait keuangan berkelanjutan juga naik 19,1% YoY. Dari sisi pendanaan, current account saving account (CASA) BCA tumbuh 21% YoY, sejalan dengan peningkatan nilai transaksi, basis nasabah yang semakin besar, serta penguatan dan perluasan ekosistem pelayanan bersama para mitra bisnis bank.  

BCA membukukan pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 3,8% YoY menjadi Rp 28,3 triliun pada semester I 2021. Di sisi lain, pendapatan selain bunga menurun tipis 1,2% YoY menjadi Rp 10,2 triliun.

Penurunan ini sebagai dampak dari one-off gain dari penjualan portofolio reksa dana yang dibukukan tahun lalu, namun sebagian besar dapat diimbangi oleh kenaikan pendapatan fee dan komisi.  Pendapatan fee dan komisi naik 7,5% YoY, mencapai level yang sudah lebih tinggi dibandingkan level sebelum pandemi. Secara total, pendapatan operasional tercatat sebesar Rp 38,5 triliun atau naik 2,4% dari tahun lalu.  

Baca Juga: Prediksi Presdir BCA: 10 Tahun dari sekarang kita hanya akan melihat 3 bank digital

Rasio kecukupan modal (CAR) BCA tercatat  sebesar 25,3%, dan kondisi likuiditas yang memadai dengan loan  to deposit ratio (LDR) sebesar 62,4%. Rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) terjaga sebesar 2,4% didukung oleh kebijakan relaksasi restrukturisasi. Rasio return on asset (ROA) tercatat sebesar 3,1%, dan rasio return on equity (ROE) sebesar 16,6%.  

“Kami optimistis bahwa tren kinerja positif akan berlanjut didukung oleh pemulihan ekonomi yang saat ini sedang berlangsung. Kami terus melakukan berbagai inovasi penjualan, mendorong pemanfaatan  digitalisasi, dan memastikan setiap kegiatan dilakukan sesuai protokol kesehatan demi membantu  Indonesia tetap tangguh dan tumbuh,” ujar Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Vera Eve Lim dalam paparan virtual public exposure, Rabu (8/9).

Dari sisi transaksi perbankan, sampai dengan Juni 2021, nilai transaksi melalui mobile banking BCA tercatat mengalami kenaikan 49,0% YoY sedangkan transaksi melalui internet banking naik sebesar 32,8% YoY.

 

“Transformasi digital terus dilakukan perseroan dengan memanfaatkan tren aplikasi digital yang berkembang, termasuk layanan di kantor cabang berbasis digital. Hadirnya myBCA yang dipersiapkan sebagai future apps untuk BCA di masa depan didasarkan pada kenaikan eksponensial transaksi melalui mobile dan internet banking. Hal ini merupakan dinamika yang tidak dapat dihindari dan BCA terus terbuka untuk dapat bekerja sama dengan semua pihak di era kolaborasi digital ini,” ujar Vera Eve Lim. 

Bank Digital BCA, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh BCA, juga baru saja meluncurkan aplikasi digital yang bernama “blu” dalam rangka memberikan pelayanan kepada segmen milenial dan digital savvy.

BCA juga mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dari total portofolio kredit, sekitar 23% atau Rp 136,2 triliun merupakan portofolio kredit keuangan berkelanjutan yang naik 19,1% YoY. Pada triwulan II 2021, BCA menyelenggarakan UMKM Fest, yang mempromosikan lebih dari 1.700 merchant UMKM lewat platform online.

Selama periode PPKM darurat, BCA meningkatkan limit transaksi harian di internet banking dari Rp 250 juta menjadi Rp 500 juta, di myBCA hingga Rp 300 juta, dan pada BCA Mobile hingga Rp 200 juta (tergantung dari jenis kartu nasabah). Saat ini, transaksi valuta asing juga telah tersedia melalui internet banking

Selanjutnya: Jumlah simpanan nasabah tajir di Bank BCA terus bertambah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×