Reporter: Yoliawan H | Editor: Sanny Cicilia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menunjukan peningkatan yang signifikan dari branchless banking mereka yang dilakukan agen laku pandai dan agen46.
Adapun dengan agen ini nasabah dimungkinkan untuk melakukan kegiatan perbankan tanpa harus ke jaringan kantor bank. Agen ini dimaksudkan untuk menjangkau masyarakat di daerah yang kurang terjangkau dari jaringan kantor.
Dadang Setiabudi, SEVP IT dan Digital Banking BNI bilang, hingga Desember 2017 jumlah agen46 BNI sudah sekitar 70.000 agen dengan rekening BNI pandai mencapai 4,8 juta rekening atau tumbuh 302% dari tahun sebelumnya atau year on year (yoy).
Pun, dari sisi volume dan transaksi perbankan melalui agen meningkat tajam dari tahun sebelumnya. “Jumlah transaksi sebanyak 35 juta transaksi atau tumbuh 389% yoy dengan volume transaksi sekitar Rp 6,5 triliun, tumbuh 447% yoy,” jelas Dadang kepada Kontan.co.id, Minggu (25/2).
Dari jumlah rekening dan transaksi tersebut, Bank BNI telah menghimpun dana nasabah atau dana pihak ketiga (DPK) per Desember 2017 sebesar Rp 561 miliar, naik 377% dari DPK agen pandai dan Rp 592 miliar dari DPK agen46 yang tumbuh 114%.
Seakan tidak mau kalah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) pun menunjukan peningkatan yang signifikan dari kinerja agen branchless banking mereka yang bernama agen BRILink.
Bambang Tribaroto, Coporate Secretary BRI sebelumnya mengatakan, Hingga akhir tahun 2017, tercatat Bank BRI memiliki sebanyak 279.750 agen BRILink. Jumlah ini meningkat drastis apabila dibandingkan dengan jumlah agen BRILink di akhir tahun 2016 sebanyak 84.550 orang
Pihaknya menargetkan akan memiliki 500 ribu agen pada akhir tahun 2018 ini. Selain itu, sepanjang tahun 2017, tercatat agen BRILink mampu mencatatkan 202,1 juta transaksi finansial atau tumbuh 105,4% yoy dengan total volume transaksi senilai Rp 298 triliun atau tumbuh 114,2% yoy.
Itu semua memberikan kontribusi terhadap dana murah tabungan atau current account and savings account (CASA) senilai Rp 3,9 triliun.
Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan sama baiknya seperti yang didapatkan di kantor cabang BRI. Masyarakat dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai serta melakukan transaksi transfer atau pembayaran melalui agen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News