kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja BRILink dari BRI Meningkat, Gerakkan Roda Perekonomian Nasional


Jumat, 09 Februari 2024 / 17:31 WIB
Kinerja BRILink dari BRI Meningkat, Gerakkan Roda Perekonomian Nasional
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Nasabah melakukan transaksi di agen BRILink Tangerang Selatan, Senin (4/10). Hingga Agustus 2021, Agen BRILink mencatatkan penghimpunan dana murah sebesar Rp 16 triliun atau tumbuh 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Sementara pencapaian referral kredit mikro melalui agen ini mencapai 100.000 per akhir Juli atau tumbuh 52% yoy./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/04/10/2021.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Agen BRILink yang tersebar hingga ke pelosok desa tak dapat dipungkiri menjadi ujung tombak Bank Rakyat Indonesia (BRI) meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyatakan, Agen BRILink memiliki peran yang sangat krusial untuk memberikan layanan transaksi keuangan bagi masyarakat yang terkendala mengakses kantor bank, Pegadaian maupun Permodalan Nasional Madani (PNM) yang tergabung dalam holding Ultra Mikro (UMi).

“Mereka menjadi pahlawan-pahlawan literasi dan pahlawan digital di daerah, karena mereka secara tidak langsung menjadi penyuluh digital bagi masyarakat,” ujarnya di Uluwatu, Bali, Desember 2023 lalu.

Baca Juga: Seluk Beluk Pinjam Uang Melalui BRILink, Ini Syarat dan Caranya

Agen BRILink telah menghasilkan lebih dari 500.000 referral produk BRI, Pegadaian maupun PNM. “Agen BRILink juga telah kami integrasikan dalam bisnis proses di PNM Mekaar. Saat pencairan pinjaman atau menyetor angsuran dan aktivitas lain,  nasabah Mekaar PNM dapat menggunakan Agen BRILink yang ada dalam tiap kelompok Mekaar-nya,” jelasnya.

Catur menyebutkan, kinerja BRILink meningkat hingga kuartal III-2023. Terlihat dari jumlah pendapatan keuntungan atau fee based income dari agen tersebut.“Fee based BRILink mencapai Rp1,1 triliun sampai dengan September 2023,” sebutnya.

Hingga akhir kuartal III 2023, fee based income Agen BRILink sebesar Rp1,1 triliun meningkat 5,38% year on year (yoy). Sementara itu, volume transaksi juga meningkat sebesar 7,97% yoy menjadi Rp1.040 triliun. Adapun jumlah Agen BRILink saat ini mencapai 698.717 di seluruh Indonesia.

“Kenaikan jumlah transaksi tersebut menunjukkan, Agen BRILink memiliki peranan yang sangat penting dalam roda perekonomian serta kehidupan masyarakat,” terangnya.

Melalui Agen BRILink, selain transaksi tarik tunai, juga dapat melayani kebutuhan harian masyarakat. Seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lainnya.

Baca Juga: Pembayaran Lewat QRIS BRI, Memudahkan Para Pedagang di Kawasan Uluwatu

Selain Mekaar, nasabah juga bisa mengakses sejumlah layanan holding UMi di Agen BRILink seperti membuka Tabungan Emas Pegadaian, menambah (top up) saldo tabungan emas, serta gadai emas Pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×