Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) selkaku operator seluler kedua terbesar di Tanah Air mencatat 4 – 5 juta dari total pelanggannya sebanyak 65 juta telah memanfaatkan layanan keuangan digital, seperti mobile banking dan sms banking.
Namun, khusus pengguna layanan XL tunai alias uang elektronik baru mencapai 900.000 pelanggan. Yessie D Yosetya, Vice President Digital Service XL bilang, pengguna layanan mobile banking dan sms banking bisa tumbuh, mengingat potensi jumlah masyarakat yang bankable sebesar 79 juta.
“Di XL sendiri, jumlah pelanggannya berkisar 65 juta, meski mungkin belum semuanya yang bankable,” ujarnya, Senin (21/4). Maklumlah, sambung dia, berbeda dengan XL tunai yang bisa dinikmati oleh nasabah tanpa registrasi, pengguna layanan mobile banking dan sms banking bukan cuma harus bankable, melainkan juga harus mendaftarkan layanan tersebut ke bank terkait.
Hal ini dikarenakan, transaksi dari perangkat elektronik pelanggan menyangkut langsung ke rekening nasabah. Ada syarat keamanan di samping kemudahan yang ditawarkan dari layanan mobile banking dan sms banking, sehingga proses menikmati layanan ini tidak sesederhana layanan uang elektronik.
Walhasil, pertumbuhan pengguna layanan mobile banking dan sms banking tidak sekencang layanan keuangan lainnya. XL sendiri, kata Yessie, dua tahun belakangan ini telah serius menggarap layanan keuangan digital.
Hasilnya, banyak pihak telah berkolaborasi dengan operator seluler kedua terbesar di Indonesia ini. Dari sektor keuangan, antara lain Bank Mandiri, BCA, BNI, BTPN, Bank Mega, Bank Permata dan Manulife Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News