kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45761,05   23,90   3.24%
  • EMAS1.013.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 1.08%
  • RD.CAMPURAN 0.54%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Kredit perbankan naik di bulan Juli, ini sektor yang mulai menggeliat


Kamis, 13 Agustus 2020 / 18:43 WIB
Kredit perbankan naik di bulan Juli, ini sektor yang mulai menggeliat
ILUSTRASI. Costumer Service melayani nasabah di kantor cabang BCA Tangerang Selatan, Jumat (17/4). Manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengambil langkah kebijakan terkait Pedoman PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus atau Covid-19 dengan kembali

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan penyaluran kredit mulai mengalami peningkatan pada bulan Juli. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat peningkatan tersebut terutama didorong oleh stimulus yang diberikan oleh pemerintah lewat penempatan dana pada perbankan dan adanya penjaminan kredit modal kerja. 

OJK mencatat kredit per Juni 2020 hanya tumbuh 1,49% year on year (yoy). Namun per  23 Juli, sudah mengalami pertumbuhan sebesar 2,27% menjadi Rp 5.576. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebut pertumbuhan kredit pada Juni tersebut sudah merupakan level terendah tahun ini dan hingga akhir tahun akan terus meningkat.

Baca Juga: Nasabah Jiwasraya kembali surati ke Jokowi hingga Sri Mulyani, ada apa?

Sejumlah bank mengamini pernyataan OJK tersebut. Permintaan kredit dari beberapa sektor sudah mulai menggeliat dan bank tetap akan melepaskan kredit ke sektor yang dinilai bisa segera kembali  pulih setelah masa transisi pandemi Covid. 

BCA misalnya melihat masih banyak kebutuhan kredit dari beberapa sektor seperti infrastruktur, farmasi,  retail, distribusi, perkebunan, dan perumahan untuk segmen menengah ke bawah. "Untuk kredit mobil juga permintaannya sudah semakin menggeliat. Ini perlu kita tingkatkan terus," kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA pada Kontan.co.id, Kamis (13/8). 

Jahja bilang, BCA akan tetap menopang ekonomi nasional dengan memberikan kredit bagi nasabah yang usahanya bisa segera pulih. Untuk sektor yang terdampak Covid-19 seperti hotel dan industri yang butuh tambahan modal kerja, BCA juga akan akan memberi dukungan. Namun, perseroan tetap berhati-hati dalam memberikan kredit bagi nasabah baru.

Ia menegaskan, BCA tetap bersemangat membantu ekonomi nasional dan itu menurutnya tercermin dari upaya perseroan menjaga eksistensi nasabah. "Ini untuk meluruskan pemberitaan-pemberitaan negatif tentang bagaimana bank bersikap pada masa pandemi," kata Jahja. 

Baca Juga: Tak mampu penuhi upaya penyehatan, OJK cabut izin usaha BPR Lugano Bekasi

Bank Woori Saudara (BWS) juga mengakui kalau pertumbuhan kredit pada Juli sudah lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Capaian kredit perseroan pada bulan Juni sudah merupakan level terendah tahun ini. 

Sadhana Priatmadja Direktur BWS menyebut, peningkatan kredit yang terbesar berasal dari sektor industri pengolahan dan kredit konsumer dari segmen pensiunan. Sampai akhir tahun, bank ini akan fokus menyasar segmen logistik, telekomunikasi, farmasi, dan konsumer dalam menyalurkan kredit. "Ditambah dengan sektor industri pengolahan secara selektif," ujarnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×