kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredivo Bakal Ekspansi Bisnis ke Thailand dan Filipina pada Tahun Ini


Sabtu, 23 Maret 2024 / 23:10 WIB
Kredivo Bakal Ekspansi Bisnis ke Thailand dan Filipina pada Tahun Ini
ILUSTRASI. Kredivo.?KONTAN/Muradi/2016/09/22


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform kredit digital penyedia layanan paylater Kredivo akan melakukan ekspansi bisnis ke negara lain pada tahun ini. Adapun Kredivo telah meluncur di Vietnam pada 2021. SVP Marketing and Communications Kredivo Indina Andamari menyebut pada tahun ini akan berekspansi ke dua negara di Asia Tenggara.

"Kami, kan, enggak jadi, ya, ekspansi ke Thailand dan Filipina. Mudah-mudahan pada tahun ini, tergantung yang mana dulu nanti negaranya," ucapnya saat media gathering di Kawasan Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Indina menerangkan pihaknya ingin berekspansi ke dua negara tersebut karena demografinya paling mirip dengan Indonesia. Dia bilang kedua negara itu juga percepatan digitalnya lumayan besar. 

Akan tetapi, dibandingkan Indonesia, keduanya lebih rendah. Adapun percepatan digital yang tinggi di Asia Tenggara itu Vietnam dan Indonesia. 

Baca Juga: Kerjasama Strategis antara Jalin dan ShopeePay Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Mengenai kinerja di Vietnam, Indina menyebut pertumbuhannya lumayan bagus padahal sudah ada beberapa paylater yang lain di negara tersebut. 

"Kami tumbuh banget di B2B partnership. Kami kolaborasi sama Samsung Finance di Vietnam dan hasilnya bagus. Non Performing Loan (NPL) Kredivo di Vietnam juga lebih rendah," ujar dia.

Selain itu, Indina menyampaikan akan ada produk yang lagi digodok dan akan diluncurkan pada tahun ini. Dia hanya menyebut produk baru itu akan terkait dengan sektor sustainable finance

"Produk itu kemungkinan akan rilis pada Semester I-2024," katanya.

Sementara itu, Indina menyebut Kredivo berhasil mencatatkan kinerja positif dalam 5 tahun terakhir. Dia mengatakan jumlah pengguna Kredivo mengalami peningkatan hingga 20 kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

"Total jumlah dan nilai transaksi juga meningkat masing-masing hingga 58,59% (CAGR) dan 78,42% (CAGR) dalam kurun waktu lima tahun terakhir," ungkap Indina.

Indina juga menyampaikan Kredivo memiliki hampir 10 juta pengguna yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia sejak 2018 hingga 2023. Dalam periode tersebut, Kredivo berhasil mencatat pertumbuhan pengguna hingga 20 kali lipat.

Baca Juga: Soal Rencana Pencabutan Moratorium Fintech Lending, Begini Respons AdaKami

Indina menyatakan Kredivo telah bekerja sama dengan 4.000 lebih merchant online dan offline yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dari sisi merchant, Kredivo mampu mencatatkan peningkatan untuk rata-rata jumlah pembelian (average basket size) lebih dari 2 kali lipat, peningkatan frekuensi transaksi hingga 3 kali lipat mengatakan Kredivo dapat memperbesar cart conversion rate atau jumlah transaksi yang berhasil pada waktu checkout

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×