Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) akan melakukan pelayanan terbatas kepada para nasabahnya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Langkah ini dilakukan perseroan untuk melindungi nasabah sekaligus menjaga agar lingkungan kerja perseroan tidak terpapar virus corona yang saat ini sedang menjadi perhatian serius pemerintah.
"Kami harus melakukan langkah inisiatif sebagai upaya preventif yang perlu diambil segera dan perseroan mengambil keputusan untuk sementara akan melakukan pelayanan terbatas bagi nasabah Bank BTN di sejumlah kantor cabang di seluruh Indonesia," terang Corporate Secretary BTN, Ari Kurniaman dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (15/3) malam.
Baca Juga: Walau ada corona, aktivitasl pabrik tekstil dan alas kaki masih berjalan normal
Menurut Ari, layanan perbankan akan tetap berjalan melalui dukungan digital banking yang dapat dilakukan dimana saja dan tidak perlu ke kantor jika tidak penting atau darurat untuk dilakukan.
Selain pemberlakukan layanan nasabah di sejumlah kantor cabang BTN, perseroan juga akan melakukan Work From Home atau WFH.
Kebijakan mengenai WFH ini akan berlaku di semua unit kerja kantor pusat termasuk dalam hal ini kantor cabang sesuai dengan kritikal wilayah yang telah ditetapkan perseroan.
Perseroan sebelumnya juga telah menyusun business continuity plan atau BCP mengenai apa yang harus dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah kerja perseroan dengan tetap kenyamanan pelayanan kepada nasabah.
Baca Juga: Dewata Freight International (DEAL) fokus diversifikasi untuk menopang kinerja
"WFH akan dilakukan seperti pada Divisi kritikal minimal 20% dari total SDM pada divisi tersebut dan 40% untuk Divisi yang tidak kritikal. Demikian juga dengan kantor cabang yang berada di wilayah sesuai dengan mapping kritikal untuk dilakukan WFH," imbuhnya.
Selain itu, bank bersandi bursa BBTN ini menjelaskan di seluruh kantor layanan telah ditetapkan protokol layanan kepada nasabah seperti para petugas layanan khususnya yang berada di front linner akan mengenakan masker.
Salam kepada nasabah tidak dengan berjabat tangan tapi cukup dengan mengatupkan tangan sebagai salam hormat kepada nasabah. Pihaknya mengaku pula telah menyiapkan masker untuk nasabah yang memerlukan.
Baca Juga: Adira Finance targetkan pembiayaan tumbuh 4% hingga 7% tahun ini
"Kami meminta maaf khususnya kepada para nasabah setia Bank BTN atas protokol pelayanan perbankan yang kami lakukan untuk bagaimana kita semua terhindar dari Covid-19," ujarnya.
Kebijakan mengenai layanan terbatas dan WFH tersebut akan dilakukan Bank BTN terhitung sejak Senin (16/3) dengan sementara dilakukan sampai lima hari kerja ke depan. Sementara akan berlaku sepekan terhitung sejak Senin (16/3) dan nanti akan dievaluasi kembali. Pihaknya berharap agar dampak penyebaran Covid-19 tidak berlangsung lama dan pemerintah segera dapat mengatasi dengan baik agat pelayanan nasabah dapat kembali normal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News