kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.884.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.210   -25,00   -0,15%
  • IDX 6.897   65,26   0,96%
  • KOMPAS100 1.002   13,05   1,32%
  • LQ45 771   10,32   1,36%
  • ISSI 224   1,60   0,72%
  • IDX30 397   5,48   1,40%
  • IDXHIDIV20 461   5,31   1,16%
  • IDX80 113   1,46   1,31%
  • IDXV30 113   0,44   0,39%
  • IDXQ30 129   1,86   1,47%

Layani 4 Ribu Mitra Digital, Transaksi BNIdirect API Tembus Rp 1.230 Triliun


Minggu, 29 Juni 2025 / 11:45 WIB
Layani 4 Ribu Mitra Digital, Transaksi BNIdirect API Tembus Rp 1.230 Triliun
ILUSTRASI. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui platform BNIdirect berbasis API, volume transaksinya tembus Rp 1.230 triliun atau naik 50% sepanjang 2024. Sementara secara keseluruhan volume transaksi BNIdirect tahun lalu Rp7931 triliun atau meningkat 23,3% secara tahunan.


Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui platform BNIdirect berbasis API, volume transaksinya tembus Rp 1.230 triliun atau naik 50% sepanjang 2024. Sementara secara keseluruhan  volume transaksi BNIdirect tahun lalu Rp7931 triliun atau meningkat 23,3% secara tahunan. 

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menegaskan, penguatan layanan digital BNI selaras dengan implementasi Indonesia Payment System Blueprint (IPSB) yang telah dijalankan sejak 2021 oleh Bank Indonesia.

"BNI secara aktif mendukung IPSB melalui pengembangan infrastruktur pembayaran digital, standardisasi API, dan interoperabilitas sistem. Kami ingin nasabah dapat bertransaksi lintas platform secara mudah, cepat, hemat, dan dapat diakses kapan pun, di mana pun," ujar Okki dalam keterangan resmi, Jumat (27/6).

Baca Juga: BNI Catat Kenaikan Transaksi BI Fast 48% per Mei 2025

Hingga saat ini, lanjut Okki, BNI telah mengembangkan lebih dari 280 layanan API yang melayani 4.000 mitra digital, termasuk berbagai pelaku e-commerce, fintech, dan perusahaan penyedia layanan keuangan. Integrasi ini memperluas cakupan layanan perbankan BNI dalam satu ekosistem digital yang terkoneksi.

Selain volume transaksi yang tinggi, BNI juga mencatat 469 juta item transaksi melalui BNIdirect API sepanjang 2024, tumbuh 18,2% dibanding tahun sebelumnya. Layanan ini memungkinkan transfer dana secara real-time 24/7 dengan biaya rendah, memberikan efisiensi maksimal bagi pelaku usaha maupun pengguna ritel.

Dalam hal pembayaran digital berbasis QRIS, BNI juga menunjukkan kinerja mengesankan. Okki mengatakan, BNI kini melayani 52,55 juta pengguna dan 33,77 juta merchant dengan pertumbuhan transaksi mencapai 217,33% YoY.

Baca Juga: 13.400 Petani Terima Modal, Ini Cara Ajukan KUR BNI untuk UMKM dan Sektor Lain

Okki menyebut, penerapan IPSB oleh BNI juga memberi dampak positif bagi sektor publik. Saat ini, BNI menjadi satu-satunya bank yang mendukung lebih dari 9.000 puskesmas di seluruh Indonesia. Dengan dukungan sistem digital BNI, pencairan dana kesehatan dapat dilakukan lebih transparan dan efisien.

"Melalui dukungan terhadap digitalisasi ini, BNI siap mengambil peran lebih besar dalam mendorong transformasi sistem pembayaran nasional. Inovasi kami selalu berfokus pada kemudahan akses, efisiensi biaya, dan keamanan transaksi bagi seluruh nasabah," tutup Okki.

BNI, tegas Okki, berkomitmen untuk terus memperkuat kontribusinya dalam ekosistem digital banking, sejalan dengan agenda nasional untuk menciptakan sistem pembayaran yang lebih inklusif, efisien, dan terintegrasi.

Selanjutnya: Jalan Kaki Saat Asam Urat Tinggi, Boleh Nggak Sih? Ini Tips Aman Hindari Nyeri!

Menarik Dibaca: Jalan Kaki Saat Asam Urat Tinggi, Boleh Nggak Sih? Ini Tips Aman Hindari Nyeri!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×