kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LPEI Bisa Tampung DHE SDA, Begini Dampaknya ke Perusahaan Hingga Eksportir


Sabtu, 25 Mei 2024 / 06:21 WIB
LPEI Bisa Tampung DHE SDA, Begini Dampaknya ke Perusahaan Hingga Eksportir
ILUSTRASI. Saat ini, LPEI dapat menampung devisa hasil ekspor (DHE)


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam mendukung ekspor Indonesia, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dipastikan dapat menampung devisa hasil ekspor (DHE). 

Mandat itu tertuang dalam UU No. 4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, serta PP No. 36 Tahun 2023 tentang Devisa Hasil Ekspor Dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam (SDA).

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menyampaikan bahwa kebijakan tersebut tentu berdampak positif bagi keberlangsungan bisnis maupun para eksportir dalam negeri. 

"Kebijakan ini memungkinkan LPEI untuk lebih optimal mendukung eksportir yang memperoleh fasilitas ekspor dari LPEI karena DHE dapat langsung diterima dan dicatat," katanya kepada KONTAN, Jumat (24/5). 

Baca Juga: Tarik Minat Eksportir untuk Tempatkan DHE SDA, Pemerintah Beri Insentif PPh hingga 0%

Selain itu, DHE SDA juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh fasilitas pembiayaan dan fasilitasi ekspor impor bagi nasabah LPEI. 

Dengan demikian, melalui skema penerimaan DHE yang dirancang untuk menjaga agar DHE kembali ke Indonesia nanti akan semakin memperkuat sektor ekonomi dan berkontribusi dalam perekonomian nasional. 

Lebih lanjut terkait skemanya, para eksportir dapat menempatkan DHE SDA di LPEI melalui rekening khusus DHE SDA dan promissory note valuta asing. Hal itu tentu saja akan memudahkan debitur dalam menerima pembayaran dari pembeli di luar negeri, tetapi juga membuat biaya transaksi perbankan lebih efisien bagi korporasi maupun UKM dalam melakukan transaksi ekspor.

Di sisi lain kewajiban penempatan DHE SDA di LPEI ini juga bisa menjadi sumber cadangan devisa bagi negara. Hal itu nantinya dapat digunakan untuk berbagai kepentingan nasional, satu di antara keuntungannya yakni membantu menjaga stabilitas nilai tukar mata uang.

Sebagai informasi menilik laporan keuangan perusahaan di 2023, pendapatan yang didapat oleh LPEI di periode tersebut naik hingga 19,1% menjadi Rp 923 miliar. Selain itu pendapatan operasional lainnya meliputi layanan jasa tumbuh hingga 39,2% secara tahunan, nilainya menjadi Rp 259 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×