kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,79   8,19   0.82%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LPEI dorong Koperasi Gunung Luhur ekspor 18 ton kopi Rp 2,1 miliar ke Arab Saudi


Sabtu, 18 September 2021 / 19:18 WIB
LPEI dorong Koperasi Gunung Luhur ekspor 18 ton kopi Rp 2,1 miliar ke Arab Saudi
ILUSTRASI. Menkop dan UKM Teten Masduki bersama LPEI melepas ekspor komoditas kopi produksi Koperasi?Gunung Luhur Berkah di Subang.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mendorong pegembangan komoditas dan kapasitas masyarakat melalui program Desa Devisa.

Lewat program ini, Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) Kabupaten Subang melakukan ekspor perdana sebanyak 18 ton kopi arabika ke negara Arab Saudi, bernilai ekspor US$ 148.320 setara Rp 2,1 miliar.

Keberhasilan  ini merupakan hasil kolaborasi intensif yang dilakukan oleh LPEI, Pemerintah Kabupaten Subang dan Koperasi GLB.  Koperasi GLB yang merupakan Desa Devisa ke-3 binaan LPEI, secara keseluruhan akan melakukan pengiriman sejumlah 150 ton, yang dilakukan secara bertahap.

“Kami sangat bahagia karena pada akhirnya kami berhasil melakukan ekspor perdana ke Arab Saudi. Berkat pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh LPEI dan tentunya kerja keras para petani, kami dapat memenuhi permintaan dari Arab Saudi. Kami berharap ini hanya awal dari ekspor-ekspor yang berikutnya,” ujar Ketua Koperasi GLB, Miftahudin Shaf dalam keterangan tertulis pada Sabtu (18/9). 

Baca Juga: Dapat pembiayaan LPEI, UKM pengekspor tekstil ini catatkan nilai ekspor US$ 467.000

Sementara itu, LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI dalam peningkatan ekspor nasional juga memiliki mandat dalam community development dan penciptaan eksportir baru. Ekspor perdana Desa Devisa Subang ini berhasil dilakukan setelah sejumlah pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh LPEI.

Peningkatan kapasitas petani yang mampu meningkatkan kualitas biji kopi diberikan kepada 208 petani di enam desa yaitu Cisalak, Nagrak, Cupunagara, Darmaga, Sukakerti dan Pesanggrahan dengan kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 ton biji kopi setiap tahun di atas kebun seluas 140 hektare.

Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas menyebut, sejak awal optimistis dengan potensi Subang dengan komoditas kopinya dikombinasikan dengan pelatihan yang kami berikan kepada para petani. Kolaborasi yang baik antara LPEI, Pemerintah Kabupaten Subang, Koperasi, serta seluruh pihak lain yang terlibat merupakan faktor penting dalam keberhasilan ini.

“Kami juga tidak akan berhenti sampai di sini, karena dengan kerja sama yang baik, Desa Devisa Subang tentu akan dapat melakukan ekspor secara berkelanjutan dan berkontribusi bagi pendapatan negara,” ucapnya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan bahwa seluruh institusi harus berkolaborasi untuk membantu koperasi pangan. Kementerian bersama Pemerintah Daerah akan mendorong koperasi pangan yang potensial untuk diperbesar kapasitas usaha dan pembiayaan ekspornya dengan menjalin kerja sama dengan LPEI dan perbankan lainnya.

Program Desa Devisa merupakan program yang juga mengedepankan kolaborasi antar lembaga untuk menghasilkan terobosan inovatif yang meningkatkan ekspor Indonesia.

Baca Juga: Percepat kekebalan kelompok, LPEI gelar vaksinasi warga di Jakarta

Selain dengan Kabupaten Subang, LPEI juga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) dalam penjajakan Desa Devisa yang ketiga ini.

Sebelum Subang, LPEI telah berhasil membentuk Desa Devisa Kakao di Jembrana, Bali dengan komoditas unggulan biji kakao fermentasi dan Desa Devisa kerajinan Bantul, Yogyakarta dengan produk kerajinan ramah lingkungan.

Program ini diharapkan dapat diterapkan di sejumlah daerah lainnya sehingga memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi, sosial dan lingkungan bagi masyarakat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×