kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

LPS: DPK menguat, likuiditas perbankan melandai


Senin, 16 September 2019 / 20:53 WIB
LPS: DPK menguat, likuiditas perbankan melandai
ILUSTRASI. Lembaga Penjamin Simpanan

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat terjadi akselerasi pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) pada Juli 2019 menjadi 8,01% (yoy). Ini membuat likuiditas perbankan mulai melandai.

Sebab di sisi lain, LPS juga mencatat terjadinya perlambatan pertumbuhan kredit menjadi 9,58% (yoy) pada Juli 2019.

Baca Juga: Suku bunga kredit diprediksi makin melandai

“Adanya perbaikan pertumbuhan DPK pada periode Juli dibanding bulan sebelumnya terjadi sejalan melambatnya pertumbuhan sisi kredit, sehingga berdampak pada LDR perbankan yang membaik ke level 93,81%,” tulis LPS dalam ringkasan eksekutifnya.

Akselerasi pertumbuhan DPK juga dinilai LPS mengurangi jarak dengan pertumbuhan kredit pada sekelompok bank. Meski demikian LPS menilai laju pertumbuhan kredit masih berpotensi membaik hingga akhir tahun.

Sampai dengan akhir tahun 2019 pertumbuhan kredit dan DPK diperkirakan akan mencapai masing-masing sebesar 11,7 % dan 7,4%.

“Laju pertumbuhan kredit diperkirakan berpotensi membaik sejalan dengan langkah pelonggaran pada kebijakan GWM dan penurunan suku bunga moneter dalam 2 bulan terakhir," jelas LPS

Baca Juga: Catat, penyelenggara e-wallet dilarang invetasikan dana mengendap milik konsumen!

"Ruang ekspansi kredit masih cukup terbuka pada bank besar, sementara untuk bank menengah dan kecil cenderung terbatas akan tergantung pada perbaikan laju pertumbuhan sisi DPK,” lanjut LPS.




TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×