kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,95   -3,63   -0.37%
  • EMAS958.000 0,10%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

LPS: Tak ada lagi lonjakan pertumbuhan simpanan di atas Rp 5 miliar


Rabu, 25 November 2020 / 06:40 WIB
LPS: Tak ada lagi lonjakan pertumbuhan simpanan di atas Rp 5 miliar


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan simpanan di perbankan masih terus meningkat. Namun, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyebutkan, pertumbuhan simpanan di bank saat ini sudah merata untuk simpanan dengan saldo di bawah Rp 2 miliar hingga di atas Rp 5 miliar.

Walau tidak membeberkan data secara rinci, Purbaya menjelaskan, pada periode bulan-bulan sebelumnya memang terjadi fenomena melonjaknya simpanan khususnya untuk saldo di atas Rp 5 miliar. "Tapi untuk saat ini sudah membaik lagi, hampir mendekati tren seperti sebelum Covid-19," katanya di Jakarta, Selasa (24/11).

Hal ini mengindikasikan bahwa dalam jangka pendek dan menengah, tidak akan ada pergerakan simpanan dalam neraca perbankan secara signifikan atau adanya potensi kepanikan di para deposan.

Baca Juga: Dongkrak permintaan kredit, begini saran OJK

Sebagai informasi saja, pada data LPS akhir September 2020 memang terjadi tren kenaikan simpanan di perbankan. Pertumbuhan tertinggi secara year to date (ytd) terjadi pada simpanan dengan nilai nominal di atas Rp 5 miliar sebesar 17,9% secara ytd menjadi Rp 3.309 triliun. Pertumbuhan yang cukup tinggi juga terjadi pada simpanan dengan nominal Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar sebesar 7% ytd menjadi Rp 452 triliun.

Sementara itu, berdasarkan data LPS di bulan Oktober 2020, tingkat penjaminan penjaminan LPS terpantau stabil berada di level yang memadai. Jumlah rekening yang dijamin LPS adalah sebesar 99,91% dari total rekening atau setara dengan 339.913.159 rekening.

Sementara secara nominal jumlah simpanan yang dijamin mencapai 51,22% dari total simpanan atau setara dengan Rp 3.427,43 triliun.

 

Selanjutnya: Lebih agresif turunkan bunga penjaminan, ini jawaban Ketua LPS

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×