kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MAMI jadi pemilik dana kelolaan reksadana syariah terbesar di Indonesia


Rabu, 01 September 2021 / 10:09 WIB
MAMI jadi pemilik dana kelolaan reksadana syariah terbesar di Indonesia
ILUSTRASI. Pengunjung berkonsultasi di gerai manajer investasi penerbit reksadana Manulife Asset Management Indonesia (MAMI)


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) kembali berhasil menjadi manajer investasi dengan dana kelolaan produk reksadana syariah terbesar di Indonesia.

Director & Chief of Legal, Risk, and Compliance Officer MAMI Justitia Tripurwasani mengatakan jumlah dana kelolaan MAMI untuk produk syariah mencapai Rp 8,2 triliun per Juni 2021.

Perolehan tersebut merupakan yang terbesar di antara dana kelolaan produk syariah lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Manajer investasi rajin mengoleksi saham-saham sektor teknologi, ini alasannya

"Alhamdulillah jumlah reksadana syariah MAMI itu mencapai Rp 8,2 triliun sampai dengan akhir Juni 2021. Itu juga terbesar karena MAMI juga dipercaya untuk produk syariah,” ujar Justitia dalam video konferensi virtual, Selasa (31/8).

Justitia menambahkan, guna memastikan produk syariah MAMI berjalan sesuai dengan berbagai persyaratan, MAMI memiliki dewan pengawas syariah (DPS).

Ia bilang, DPS berfungsi untuk mendukung ekosistem syariah tersebut dengan melakukan pengawasan dan memastikan agar tetap compliance terhadap syariah.

Selain berhasil mencatatkan MI dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar, MAMI juga berhasil menjadi MI dengan dana kelolaan reksadana terbesar.

Tercatat, dana kelolaan MAMI per akhir semester I-2021 mencapai Rp 56,6 triliun. Angka tersebut tercatat naik 93% secara year on year.

Adapun, dari sisi kelas, reksadana pendapatan tetap masih mendominasi dengan berkontribusi sebesar 42% dari keseluruhan AUM.

Sementara reksadana saham memiliki porsi 32% dan reksadana pasar uang memiliki porsi 18%. Lalu sisanya datang dari kontribusi dana kelolaan reksadana campuran dan terproteksi.

Baca Juga: Ini 10 manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar hingga semester I-2021

Selain itu, dari sisi jumlah investor MAMI juga berhasil mengalami kenaikan seiring dengan pertumbuhan investor baru di industri reksadana. Kini, MAMI sudah memiliki jumlah investor sebanyak 1,18 juta atau naik 178% jika dibandingkan posisi tahun lalu

Saat ini MAMI memiliki lima produk reksadana syariah. Antara lain, Reksadana Syariah Terproteksi Manulife Syariah Proteksi Misbah I (terproteksi), Manulife Syariah Sukuk Indonesia (pendapatan tetap).

Selain itu, Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas A (saham), Reksa Dana Manulife Dana Kas Syariah (pasar uang). Serta Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS (saham), yang menjadi reksadana syariah berbasis efek syariah luar negeri pertama di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×