Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Maybank semakin memperkuat posisi merek (brand)-nya. Hal itu dibuktikan dengan meraih the most valuable Malaysian bank brand dan berada di top 5 ASEAN bank brands dalam peringkat global brand untuk Top 500 Banking Brands 2017, versi the Global Brand Valuation and Strategy Consulting, Brand Finance.
Maybank juga menjadi satu-satunya brand bank Malaysia dengan peringkat kekuatan brand AAA yang menobatkannya menjadi bank dengan brand terkuat di Malaysia.
Menurut survei Brand Finance yang diterima KONTAN, Senin (10/4), Maybank berhasil meningkatkan hampir dua kali lipat nilai merek (brand value) setelah menempati posisi kedua bank Malaysia dari US$ 334 juta pada 2016 menjadi US$ 654 juta pada 2017.
Maybank juga mengalami pertumbuhan nilai brand yang kuat dan positif sebesar 24% di tengah ketatnya iklim kompetisi dengan brand ASEAN dan global serta menempati peringkat 11 di top 100 most valuable bank brands pada ranking the “Brand Finance Top 100 Global Banking Brands 2017”.
Peningkatan brand value sebesar 20% dibandingkan dengan market cap, yang hampir tidak berubah meningkatkan brand value Maybank pada rasio market cap menjadi 15%, yang menunjukkan pentingnya brand dan kemampuannya untuk memberikan kontribusi bagi kesuksesan bisnis.
President & CEO Maybank Group, Datuk Abdul Farid Alias mengatakan pengakuan ini mencerminkan dukungan yang kuat dari stakeholder Group serta ekuitas yang signifikan dari brand Maybank di pasar.
“Pencapaian ini juga menegaskan kembali konsistensi brand experience yang diupayakan di seluruh jaringan kami, yang diarahkan dengan misi humanising financial services,” tambah Datuk Farid.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News