kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,14   0,84   0.09%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maybank siap jual surat utang Rp 1,5 triliun


Jumat, 02 Juni 2017 / 19:34 WIB
Maybank siap jual surat utang Rp 1,5 triliun


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Bank Maybank Indonesia Tbk mengumumkan penawaran surat utang sebesar Rp 1,5 triliun. Adapun, surat utang yang akan dijual oleh perseroan dibagi menjadi dua yakni sukuk dan obligasi konvensional.

Dalam prospektus ringkas yang diterima KONTAN, Jumat (2/6) Sukuk mudharabah berkelanjutan II tahap I tahun 2017 yang ditawarkan senilai Rp 500 miliar. Sementara jangka waktu sukuk ini adalah 3 (tiga) tahun sejak tanggal emisi dengan pendapatan bagi hasil sukuk mudharabah yang dihitung berdasarkan perkalian antara nisbah.

Sementara untuk obligasi berkelanjutan II tahap I tahun 2017, jumlah yang ditawarkan senilai Rp 1 triliun. Obligasi ini dibagi dalam tiga seri A bertenor lima tahun, seri B tujuh tahun dan seri C 10 tahun.

Sukuk yang akan diterbitkan oleh bank asal Malaysia ini telah mendapatkan peringkat idAAA(sy). Sementara obligasi yang akan diterbitkan memiliki peringkat idAAA dari Pefindo.

Adapun, bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah Bahana Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan Maybank Kim Eng Securities. Sementara berperan sebagai wali amanat adalah PT Bank Mandiri Tbk.

masa penawaran awal dari obligasi ini adalah 2 Juni 2017 hingga 12 Juni 2017, perkiraan tanggal efektif pada 21 Juni, masa penawaran umum 23 Juni hingga 6 Juli, dan penjatahan diperkirakan pada 7 Juli, serta pencatatan di bursa 12 Juli.

Nantinya, penggunaan dana yang diperoleh dari hasil penawaran ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Unit Usaha Syariah perseroan terutama untuk penyaluran pembiayaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Sementara untuk dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum berkelanjutan obligasi ini, seluruhnya akan digunakan untuk meningkatkan aset produktif dalam rangka pengembangan usaha perseroan, terutama untuk penyaluran kredit.

Sebagai informasi saja, sepanjang kuartal I 2017 Maybank mencatatkan kinerja positif, tercatat laba bersih naik 10,4% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 490,1 miliar di akhir kuartal I 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×