Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Perdagangan secara elektronik alias e-commerce makin berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Buktinya, data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi pada tahun 2013 menunjukkan, nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 130 triliun.
Tak heran, kondisi ini juga dilirik oleh industri jasa keuangan untuk pengembangan usahanya. Perbankan sudah lebih dulu memulai kemudahan bertransaksi lewat mobile banking dan internet banking. Kini, banyak asuransi mulai merambah e-commerce.
Sebut saja, Adira Insurance, Central Asia Financial, AIG Insurance, AXA dan AXA Mandiri, serta Malacca Trust Wuwungan Insurance. Mereka kian gencar menjajakan produk asuransi secara online. Tak ketinggalan menyediakan pembayaran secara online dengan fasilitas polis dan klaim elektronik.
Situs-situs pembanding harga premi yang juga menyediakan pembelian produk asuransi secara online pun bermunculan di dunia maya. Sebut saja, www.pasarpolis.com, www.cekpremi.com, www.cekaja.com dan www.rajapremi.com. Ini di luar situs resmi perusahaan asuransi yang melego produk mereka secara online, lo.
Ambil contoh, pasarpolis.com, yang menawarkan produk asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor, kecelakaan diri, dan properti secara online. Masyarakat dapat membandingkan harga dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
Bahkan, situs ini menyediakan konsultasi gratis dengan konsultan asuransi independen. "Melalui kerjasama dengan berbagai asuransi ternama, pasarpolis.com dapat memberikan saran terpercaya kepada konsumen secara objektif," kata Cleosent Randing, Pendiri PT Pasarpolis Indonesia.
Saat ini, pasarpolis.com menggandeng 13 perusahaan asuransi, seperti Allianz Indonesia, Cigna, AIG Insurance, Central Asia Financial, Zurich, Panin Insurance, MNC Insurance, Mega Insurance, Asuransi Rama, Bess Insurance, ACE Jaya Proteksi, serta QBE Pool Indonesia. Ada lebih dari 70 produk asuransi yang ditawarkan.
Situs cekpremi.com, cekaja.com dan rajapremi.com juga membandingkan harga premi dan produk asuransi dari sejumlah perusahaan. Lewat situs pembanding, masyarakat bisa lebih cermat memilih produk.
Menurut Edi Yoga Prasetyo, Head of Emerging Consumers Allianz Indonesia, segmen mass market dengan potensinya yang besar menjadi target penting bagi asuransi. Berdasarkan pengalamannya, ada empat komponen utama keberhasilan menggarap pasar ini, yakni produk, operasional, distribusi dan edukasi. "Kerja sama dengan pasarpolis.com adalah salah satu cara mengatasi tantangan distribusi dan edukasi," imbuh dia.
Jika berkunjung ke situs-situs pembanding harga premi di atas, Anda hanya perlu mengisi identitas diri, seperti nama, tanggal lahir dan pertanggungan yang diinginkan untuk produk asuransi jiwa atau kesehatan, dan jenis atau tahun kendaraan untuk produk asuransi kendaraan bermotor. Seluruh produk dari perusahaan asuransi berikut harganya akan tampil di layar.
Kalau harganya cocok dengan kantong, Anda tinggal menekan fitur "beli". Pembayaran dapat dilakukan saat itu juga. Dalam hitungan menit, polis asuransi masuk ke kotak surat elektronik Anda. Begitu mudahnya membeli asuransi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News